Software Akuntansi Gratis Indonesia Untuk Bisnis Anda

Jika bisnis Anda membutuhkan software akuntansi tapi masih ragu untuk berinvestasi, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Gratis Indonesia berikut ini. Perangkat lunak bebas biasanya memiliki fungsi yang terbatas, tetapi cukup bagi Anda untuk mencatat transaksi dan mencoba mengevaluasi produk perangkat lunak.

Software Akuntansi Gratis Indonesia
www.marketerdream.com

Setelah sebelumnya saya menuliskan Apa Itu Software Akuntansi, Manfaatnya, Fitur dan Daftar Software Akuntansi Produk Indonesia, Kali ini Saya Akan Membuat Daftar Software Akuntansi Gratis Yang Bisa Digunakan Untuk Bisnis Anda.

12 Software Akuntansi Gratis Indonesia Terpopuler 2022

Berikut ini 12 Software Akuntansi Gratis Indonesia yang cocok untuk bisnis anda

1. Jurnal

Software akuntansi terintegrasi yang telah digunakan oleh lebih dari 20 ribu perusahaan di Indonesia. Dengan menggunakan Jurnal, pembukuan dan operasional bisnis menjadi lebih mudah dan efisien. Jurnal juga membantu bisnis Anda dengan otomatisasi bisnis, pemantauan inventaris, waktu nyata kapan saja, di mana saja.

Jurnal menawarkan masa percobaan gratis selama 14 hari. Keunggulan Jurnal adalah memiliki dashboard yang interaktif, proses akuntansi yang cepat, monitoring pergerakan produk yang mudah dan terintegrasi dalam satu aplikasi.

Apa saja fitur dari akun gratis 14 hari?

Anda dapat mencoba semua fitur paket Premium, seperti: Penganggaran, Manajemen inventaris, Pemantauan saldo kas dan bank, Manajemen penjualan dan pembelian, dan Pemantauan pengeluaran.

Harga akun premium: mulai dari Rp 359 ribu per bulan

2. Kledo

Software Akuntansi Gratis Indonesia yang digunakan untuk mengelola faktur, pembelian, dan inventaris dengan lebih baik. Kledo juga dapat membantu menganalisa kinerja perusahaan Anda.

Keunggulan Kledo ini adalah berbasis cloud, nyaman untuk pembuatan invoice dan pembelian, pencatatan biaya, tracking stock dan inventory produk, otomatis penyusutan aset tetap dan penyajian lebih dari 30 laporan keuangan.

Apa saja fitur akun gratis?

Untuk 1 pengguna, pantau pengeluaran, catat pembelian dan penjualan, pantau saldo kas dan bank, 10 laporan keuangan dan bisnis, serta pembaruan otomatis.

Apa yang Anda dapatkan saat menggunakan akun berbayar?

Semua fitur paket gratis, untuk 3-5 pengguna, alur bisnis lengkap, manajemen inventaris, aset tetap, inventaris di beberapa gudang, 35 laporan keuangan dan bisnis, multi cabang, multi divisi, multi outlet, multi proyek, paket produk, hak pembatasan akses, lampiran , pencadangan otomatis, dukungan 24/7, konsolidasi anak perusahaan, produk manufaktur, penganggaran, konversi unit, dan penetapan harga multi-level.

Harga akun premium: mulai dari Rp 129 ribu per bulan

3. Akun.biz

Berikutnya Account.biz adalah aplikasi keuangan gratis yang berfungsi untuk mencatat pendapatan, pengeluaran, dan hutang. Setiap transaksi di Account.biz dikelompokkan ke dalam kategori sesuai kebutuhan. Dari hasil pencatatan, aplikasi ini akan menyajikan laporan yang berisi total pendapatan, pengeluaran dan selisihnya.

Account.biz telah digunakan oleh lebih dari 120 ribu individu, pekerja profesional, organisasi dan usaha kecil dari berbagai negara. Account.biz berhasil meraih juara pertama wirausaha muda mandiri kategori Digital Financial Technology, Alumni Berprestasi di Eleven March University dan mengikuti program akselerasi FbStart dari Facebook.

Apa saja fitur akun gratis?

Ada iklan yang ditampilkan di akun Anda, 1 buku kas, 5 kategori pendapatan dan pengeluaran, 5 kreditur, 5 pendaftaran online, dan 5 unduhan faktur elektronik per hari.

Apa yang Anda dapatkan saat menggunakan akun berbayar?

Tidak ada iklan, buku kas tidak terbatas, kategori pendapatan dan pengeluaran tidak terbatas, dapat melakukan transfer antar tunai, hutang tidak terbatas, catatan online tidak terbatas, unduhan e-faktur tidak terbatas per hari, dapat mengirim faktur elektronik melalui email, dapat menyimpan e-Faktur di buku faktur, dan dukungan untuk banyak pengguna.

Harga akun premium: mulai dari Rp 18 ribu per bulan

4. Buku kas

Berikutnya BukuKas adalah Software Akuntansi Gratis Indonesia keuangan mobile gratis yang telah digunakan oleh lebih dari 5 juta UMKM dan warung. Buku kas ini hanya tersedia dalam versi aplikasi seluler.

Fitur unggulan BukuKas antara lain: pencatatan dan ringkasan transaksi otomatis, pemantauan langsung keuntungan penjualan, pengiriman uang tanpa biaya administrasi bank, laporan keuangan otomatis, pengiriman invoice melalui WhatsApp dan SMS, pengumpulan piutang melalui WhatsApp dan SMS, serta manajemen inventaris otomatis.

5. Moodah

Lalu ada Moodah adalah Software Akuntansi Gratis Indonesia yang dapat menyajikan laporan keuangan secara instan dan otomatis. Selain itu, dengan Moodah Anda dapat mengelola utang dengan lebih efisien.

Keunggulan Moodah adalah dapat merekam segala macam transaksi dengan anti pusing, mengakses laporan keuangan harian dan bulanan secara instan dan mengelola hutang dengan mudah.

6. Paper

Selanjutnya Paper adalah Software Akuntansi Gratis Indonesia  yang memiliki keunggulan penanganan dan penerimaan faktur secepat kilat. Paper memiliki solusi pembayaran untuk transaksi B2B, sehingga Anda dapat menerima pembayaran lebih cepat dari pelanggan atau TOP tambahan dari pemasok. Kertas telah digunakan oleh lebih dari 250 ribu perusahaan di seluruh Indonesia.

Beberapa keunggulan Paper adalah dukungan untuk semua perusahaan dalam satu platform, layanan berbasis invoice, handal dan fleksibel, serta memiliki standar keamanan terbaik.

7. Akaunting

Berikutnya Akaunting adalah perangkat lunak akuntansi gratis untuk bisnis, mulai dari faktur, pemantauan pengeluaran, dan laporan keuangan. Akaunting menawarkan fungsi lengkap untuk mengelola keuangan secara online.

Fitur luar biasa dari Akaunting meliputi: manajemen dan pemantauan likuiditas, pembuatan faktur yang mudah, pelacakan pengeluaran, laporan keuangan lengkap, kategorisasi pendapatan dan pengeluaran, dan ketersediaan portal pelanggan.

8. Bokio

Software akuntansi gratis dari Swedia yang memudahkan akuntansi bisnis. Bokio memiliki slogan akuntansi cerdas dan sederhana.

Beberapa fitur Bokio meliputi: pengguna tidak terbatas, laporan keuangan otomatis, faktur tidak terbatas, manajemen pengeluaran, dan dukungan teknis online.

9. GnuCash

Perangkat lunak akuntansi berbasis desktop gratis yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan pribadi dan UKM. GnuCash dirancang agar mudah digunakan, namun tetap bagus dan fleksibel. GnuCash dapat membantu Anda memantau kas dan saldo bank, inventaris, serta pendapatan dan pengeluaran.

Fitur utama GnuCash meliputi: jurnal dua jalur, memiliki register seperti buku cek, dapat membuat transaksi terjadwal, rekonsiliasi, kategorisasi pendapatan dan pengeluaran, multi-pertukaran, manajemen portofolio dan reksa dana, dan laporan keuangan dalam bentuk tabel dan grafik.

10. Wave Accounting

Yang trakhir adalah Wave Accounting adalah Software Akuntansi Gratis Indonesiayang dirancang untuk digunakan oleh pengusaha. Wave Accounting bekerja sekeras yang Anda lakukan untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran bisnis perusahaan Anda dengan lebih baik.

Wave Accounting terdiri dari 2 modul utama yaitu Accounting dan Invoicing. Modul akuntansi memiliki fitur pelacakan pendapatan dan pengeluaran, pembaruan instan untuk data transaksi, kustomisasi faktur tanpa batas, pengingat faktur, transaksi jurnal, nilai tukar otomatis, kategorisasi pendapatan dan pengeluaran, rekonsiliasi otomatis, jurnal 2 jalur, multi-bisnis dalam 1 akun, laporan keuangan dan dasbor perusahaan yang dapat diekspor.

Sedangkan modul Faktur terdiri dari fungsi: membuat faktur dengan beberapa nilai tukar, mengirimkan perkiraan faktur dan secara otomatis mengubahnya menjadi faktur, menampilkan riwayat pelanggan pada 1 halaman, mengelola komunikasi dengan pelanggan, menindaklanjuti faktur yang telah jatuh tempo, pembayaran otomatis untuk faktur berulang, dukungan pembayaran melalui kartu kredit dan transfer bank, kustomisasi logo dan warna, mengatur tata letak faktur dengan fungsi drag-and-drop, dukungan integrasi, mengirim faktur melalui aplikasi Android dan iOS, mengirim faktur melalui email, pengingat faktur, wawasan arus kas, pencadangan otomatis dan melacak faktur dan pembayaran melalui aplikasi seluler.

Itulah 10 Software Akuntansi Gratis Indonesia yang cocok untuk bisnis anda, semoga bermanfaat dan salam bisnis