Pembahasan Jelaskan Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Kuis Jelaskan Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Soal : Jelaskan Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Jawaban

Jelaskan Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
www.ukirama.com

Jelaskan Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen adalah Akuntansi keuangan bertujuan untuk menyajikan informasi keuangan perusahaan kepada pengguna di luar perusahaan (pihak eksternal). Akuntansi manajemen berfokus pada penyediaan informasi keuangan untuk kebutuhan manajemen

Informasi yang dihasilkan akan digunakan oleh manajemen itu sendiri dan harus memberikan manfaat bagi manajemen sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan strategis untuk diterapkan.

Misalnya: manajer semua divisi/tingkat, manajer, karyawan, tenaga penjualan, staf administrasi atau supervisor

Pembahasan

Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan, berikut penjelasannya

Sering dianggap sama, namun ada perbedaan dalam akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Pada dasarnya, akuntansi merupakan proses mengenali, mengukur, serta memberi tahu data keuangan buat membolehkan evaluasi serta keputusan yang jelas serta tegas untuk mereka yang memakai data tersebut.

Akuntansi diperlukan tidak hanya untuk organisasi bisnis, tetapi juga untuk keluarga. Pengelolaan keuangan yang baik baik dalam perusahaan maupun dalam kehidupan keluarga memerlukan perencanaan. Dimana nilai perencanaan anggaran yang baik dapat menghindari hutang atau kerugian.

Salah satu bidang akuntansi yang seringkali sulit dibedakan adalah akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan dapat dibedakan dari aspek yang berbeda, tujuan, proses dan sebagainya.

Untuk itu, berikut informasi perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan yang dirangkum Merdeka.com melalui investopedia.com dan e-journal.uajy.ac.id pada Senin (20/12/2021).

  • Berdasarkan pemahaman

Perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan didasarkan pada pemahaman mereka. Akuntansi manajemen adalah praktik mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, menafsirkan, dan mengkomunikasikan informasi keuangan kepada manajer untuk mengejar tujuan organisasi.

Sedangkan akuntansi keuangan melibatkan pencatatan, peringkasan dan pelaporan kepada publik atau regulator arus transaksi dan kegiatan ekonomi yang merupakan hasil dari operasi bisnis selama periode waktu tertentu.

  • Berbasis Tujuan

Perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan didasarkan pada tujuannya. Akuntansi manajemen berbeda dari akuntansi keuangan karena tujuan yang dimaksudkan dari akuntansi manajemen adalah untuk membantu pengguna internal perusahaan membuat keputusan bisnis yang terinformasi dengan baik.

Sementara akuntansi keuangan juga memiliki beberapa kegunaan internal, itu lebih banyak berkaitan dengan memberi tahu orang-orang di luar perusahaan. Laporan keuangan yang dihasilkan melalui akuntansi keuangan dirancang untuk mengungkapkan hasil bisnis dan kesehatan keuangan perusahaan.

Sementara akun manajemen dibuat untuk tata kelola perusahaan, akun keuangan disiapkan untuk investor, kreditur, dan regulator industri.

  • Pembatasan pada Masukkan Proses

Pembatasan memasuki akun manajemen dalam proses tidak bergantung pada prinsip akuntansi yang berlaku umum. SEC, PCAOB dan FASB menentukan prosedur akuntansi yang harus diikuti untuk pelaporan keuangan. Input dan proses untuk akuntansi keuangan harus jelas dan terbatas, hanya beberapa kegiatan ekonomi yang memenuhi syarat sebagai input dan proses yang harus mengikuti metode yang berlaku umum.

Hal ini berbeda dengan akun manajemen yang tidak memiliki lembaga khusus untuk mengatur format, isi, dan aturan dalam memilih input, memproses, dan menyiapkan laporan. Manajer bebas memilih informasi apa yang mereka inginkan.

  • Berdasarkan jenis informasi

Perbedaan antara akun manajemen dan akun keuangan tergantung pada jenis informasinya. Pembatasan dalam akuntansi keuangan cenderung menciptakan data keuangan yang objektif serta bisa diverifikasi. Dalam akun manajemen, informasi yang dihasilkan dapat berupa informasi keuangan dan non-keuangan dan lebih subjektif.

  • Orientasi waktu

Perbandingan akuntansi manajemen serta akuntansi keuangan berkenaan dengan orientasi waktu. Akuntansi keuangan memiliki orientasi historis, dimana fungsinya untuk mencatat dan melaporkan kegiatan yang telah terjadi. Meskipun akuntansi manajemen mencatat dan melaporkan juga kegiatan yang telah berlangsung.

Akuntansi manajemen lebih menekankan pada penyediaan informasi tentang bisnis masa depan. Orientasi masa depan ini diperlukan karena akan digunakan untuk mendukung proses perencanaan dan pengambilan keputusan fungsi manajerial.

  • Tingkat Agregasi

Akuntansi manajemen tingkatan agregasi sediakan tujuan serta laporan internal yang digunakan buat mengevaluasi bermacam unit, lini produk, kementerian, serta manajer dana. Informasi yang sangat rinci diminta dan disediakan.

Di sisi lain, laporan tersebut berfokus pada kinerja perusahaan secara keseluruhan dan memberikan pandangan yang lebih komprehensif.

  • Keluasan

Akuntansi manajemen jauh lebih luas daripada akuntansi keuangan. Akuntansi manajemen mencakup aspek ekonomi manajemen, teknik industri, ilmu manajemen, dan berbagai bidang lainnya.