Daftar Vitamin Ginjal di Apotik Dijual Tanpa Resep Dokter

Vitamin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Vitamin membantu tubuh mengubah energi dari makanan untuk mencegah berbagai penyakit. Namun, kebutuhan vitamin bagi penderita penyakit ginjal berbeda dengan orang sehat. Oleh karena itu mimin berikan rekomdasi Dafrar Vitamin Ginjal di Apotik Dijual Tanpa Resep Dokter

Vitamin Ginjal di Apotik
cdn-asset.jawapos.com

Daftar Vitamin Ginjal di Apotik Dijual Tanpa Resep Dokter

Biasanya, orang dengan ginjal yang sehat bisa mendapatkan kebutuhan vitamin hariannya dari makanan seperti daging, sayuran, dan produk susu. Sayangnya, hal ini tidak berlaku untuk pasien dengan penyakit ginjal, terutama yang menjalani cuci darah.

Diet dapat dibatasi oleh jenis makanan tertentu. Akibatnya, Anda tidak akan mendapatkan vitamin yang Anda butuhkan setiap hari. Jadi dokter Anda bisa menyarankan daftar Vitamin Ginjal di Apotik Dijual Tanpa Resep Dokter, terutama dalam bentuk suplemen.

1. Vitamin B6

Vitamin B6 (piridoksin) merupakan vitamin larut air yang baik untuk kesehatan ginjal. Hal ini karena piridoksin dikatakan dapat mengurangi ekskresi oksalat dalam urin, yang merupakan salah satu faktor risiko batu ginjal kalsium oksalat.

Selain itu, jenis vitamin ini bekerja dengan vitamin B kompleks lainnya untuk mencegah anemia. Masalah ini sering terjadi pada penderita penyakit ginjal yang sedang menjalani cuci darah (dialisis).

Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin B6 harian Anda dari suplemen dan makanan seperti ikan, hati sapi, dan alpukat.

2. Vitamin C

Vitamin Ginjal di Apotik Dijual Tanpa Resep Dokter selanjutnya adalah Vitamin C, telah terbukti memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan pasien dengan penyakit ginjal. Vitamin ini membantu tubuh menyerap zat besi, membantu memproduksi kolagen, dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

Manfaat vitamin ini, nama lain asam askorbat, sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan penderita penyakit ginjal.

Namun, terlalu banyak asam askorbat dapat menyebabkan penumpukan oksalat dalam tubuh pada pasien dengan penyakit ginjal kronis. Karena itu, tanyakan kepada dokter Anda berapa banyak vitamin C yang harus Anda gunakan setiap hari untuk mencegah masalah baru.

3. Vitamin D

Ginjal merupakan organ penting yang membantu tubuh memproses vitamin D (kalsiferol). Vitamin D bisa berasal dari dua hal, yaitu paparan sinar UVB atau diserap dari makanan atau suplemen.

Sementara itu, ginjal mengubah kalsiferol dari suplemen atau matahari menjadi bentuk aktif yang dibutuhkan tubuh. Di sisi lain, tingkat rendah nutrisi ini cenderung ditemukan pada orang dengan penyakit ginjal kronis.

Ginjal yang rusak mungkin tidak berfungsi dengan baik untuk mengubah kalsiferol menjadi bentuk aktifnya. Tak heran jika kebutuhan vitamin D harian pada penderita penyakit ginjal harus dipenuhi dengan suplemen dan diet khusus untuk gagal ginjal.

4. Asam folat (Vitamin B9)

Vitamin Ginjal di Apotik tanpa resep dokter selanjutnya adalah Asam folat, telah terbukti menawarkan segudang manfaat kesehatan, termasuk penyakit ginjal. Menurut studi JAMA Network, terapi suplemen asam folat pada penyakit ginjal kronis membantu memperlambat perkembangan kerusakan ginjal.

Hal ini terlihat pada pasien yang juga memiliki hipertensi dengan penyakit ginjal kronis ringan sampai sedang.

Selain itu, asam folat membantu mengurangi risiko anemia, yang sering terjadi pada orang dengan masalah ginjal.

5. Vitamin B12

Ginjal penting untuk menyaring nutrisi dari darah dan getah bening, termasuk vitamin B12 (cobalamin).

Sementara itu, pasien gagal ginjal kronis atau cedera ginjal akut memiliki kadar vitamin dan nutrisi lain yang tinggi dalam urinnya. Artinya nutrisi tersebut tidak sepenuhnya diserap oleh tubuh.

Padahal, peningkatan kadar homosistein dalam darah menandakan bahwa tubuh kekurangan vitamin B12. Hal ini ternyata menempatkan Anda pada risiko anemia.

Oleh karena itu, penderita penyakit ginjal, terutama yang menjalani cuci darah, membutuhkan peningkatan asupan kobalamin untuk mencegahnya.

Vitamin yang Tidak Dianjurkan Untuk Pasien Penyakit Ginjal

Vitamin penting untuk kesehatan tubuh, termasuk ginjal. Namun, tidak semuanya harus dikonsumsi karena fungsi ginjal bermasalah. Ada beberapa vitamin yang memang perlu Anda hindari agar tidak membebani fungsinya.

Meskipun vitamin A sangat membantu dalam mendukung pertumbuhan sel dan jaringan dalam tubuh, serta melindungi dari infeksi, terlalu banyak vitamin ini tidak baik untuk ginjal.

Memang, suplementasi vitamin A tidak dianjurkan untuk pasien dengan penyakit kronis ini. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin A dapat memicu keracunan yang ditandai dengan mual, pusing, dan masalah kesehatan lainnya.

Jika Anda khawatir tubuh Anda kekurangan vitamin A, tanyakan kepada dokter atau ahli gizi Anda berapa banyak kebutuhan vitamin harian Anda yang sesuai dengan ginjal Anda.

Jenis vitamin lain yang dapat menyebabkan kerusakan lebih serius pada fungsi salah satu organ sistem urologi ini jika tertelan secara berlebihan adalah vitamin E dan vitamin K.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, hubungi ahli urologi Anda untuk memahami solusi yang tepat untuk kondisi Anda.

Itulah daftar Vitamin Ginjal di Apotik sekitar anda yang Dijual Tanpa Resep Dokter, sekian semoga bermanfaat, salam sehat