Kenapa Google Play Store Tidak Bisa Download

Mediumsehat.my.id — Mengatasi google play store tidak bisa download. Google Play Store merupakan salah satu aplikasi vital bagi pengguna Android. Namun, tidak sedikit pengguna yang masih mengalami masalah dalam mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Mulai dari aplikasi Play Store yang tidak terpasang di ponsel, google play store tidak bisa download, hingga masalah unduhan yang tertunda. Masalah mana yang Anda miliki?

Kenapa Google Play Store Tidak Bisa Download

Jika Anda mengalami masalah saat google play store tidak bisa download dan ingin tahu cara mengatasinya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab Unduhan Tertunda

Ketika muncul google play store tidak bisa download atau proses download selalu tertunda, bukan berarti hp kamu rusak.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan Google Play Store tidak download atau downloadnya tertunda. Bisa jadi kesalahan karena masalah perangkat lunak atau perangkat keras.

Berikut adalah beberapa kemungkinan alasan mengapa Google Play Store tidak dapat mengunduh atau unduhan tertunda:

  1. Internet Anda tidak stabil
  2. Memori dan kapasitas penyimpanan hampir penuh
  3. Masalah dengan Kartu SD
  4. Masalah Layanan Google Play
  5. Aplikasi belum diperbarui
  6. dll

Berikut beberapa cara mengatasi google play store tidak bisa download dan download tertunda yang bisa Anda coba:

1. Mengatasi Google Play Store tidak bisa download Karena Koneksi Yang Buruk

Jika Play Store gagal mengunduh aplikasi, coba periksa koneksi internet Anda terlebih dahulu. Kelancaran dan kecepatan download aplikasi di hp sangat dipengaruhi oleh koneksi internet.

Jadi pastikan Anda menggunakan jaringan yang stabil. Berikut adalah beberapa trik tentang cara memperbaiki koneksi jaringan yang buruk:

Jika menggunakan data seluler, coba beralih ke koneksi Wi-Fi yang lebih kuat;
Lakukan refresh jaringan, caranya sederhana, cukup aktifkan mode pesawat lalu matikan kembali.

2. Hapus cache

Kemungkinan kedua aplikasi google play store tidak bisa download atau tertunda adalah penumpukan file cache. Jika cache menumpuk, maka akan menjadi sampah yang memperburuk kinerja aplikasi.

Nah jika google play store tidak bisa download, coba bersihkan cache terlebih dahulu. Cara clear cache itu mudah, caranya :

  1. Buka menu Setting di hp kamu
  2. Kemudian pilih bagian Manajer Aplikasi
  3. Pilih aplikasi Play Store
  4. Setelah itu ketuk opsi untuk menghapus cache

3. Mengatasi unduhan Play Store yang tertunda karena memori penuh

Memori penyimpanan yang terkuras tidak akan menyisakan ruang untuk aplikasi atau game baru. Jadi jangan heran jika google play store tidak bisa download aplikasi atau game.

Jadi, periksa folder penyimpanan Anda dan lihat berapa banyak ruang yang tersisa. Jika terlalu penuh Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Hapus data yang sudah tidak diperlukan lagi, baik itu foto, video, dokumen, dan lainnya
  2. Copot pemasangan aplikasi yang jarang digunakan
  3. Kosongkan memori sebanyak yang diperlukan untuk aplikasi/game yang ingin Anda instal
  4. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk membantu menghapus file yang tidak penting di ponsel kamu.

4. Hapus akun Google dan mulai ulang HP

Jika metode di atas masih tidak menyelesaikan masalah google play store tidak bisa download aplikasi dan game, coba mulai ulang perangkat Anda.

Namun sebelum itu, coba hapus akun Google yang sudah tertaut di perangkat. Metode:

  1. Buka menu Pengaturan atau Pengaturan
  2. Pilih Akun & Sinkronisasi
  3. Kemudian pilih Google
  4. Ketuk dan pilih Hapus Akun
  5. Setelah itu restart ponsel, langkah sederhana ini biasanya bisa secara ajaib menyelesaikan masalah kecil dengan aplikasi di ponsel Anda.
  6. Setelah ponsel menyala, lakukan reset pada akun Google Anda.

5. Copot dan instal ulang pembaruan

Jika masih tidak berhasil, Anda dapat mencoba mencopot pemasangan aplikasi Play Store. Kemudian unduh dan instal pembaruan APK Play Store baru. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Pilih Aplikasi atau Aplikasi
  3. Kemudian pilih Google Play Store
  4. Tap opsi Uninstall Update, biasanya akan muncul pop-up notifikasi apakah ingin mengubah Play Store ke versi pabrik, pilih saja OK
  5. Jika sudah, buka aplikasi Play Store dan unduh atau instal lagi pembaruan terbaru

6. Masalah Kartu SD

Selain penyimpanan internal, apakah Anda juga menggunakan memori tambahan berupa SD Card? Ternyata menggunakan SD Card juga bisa menyebabkan google play store tidak bisa download atau delay lho.

Masalah ini bisa muncul jika Anda tidak memasang SD Card dengan benar. Jika Anda masih menggunakan Kartu SD, coba lepaskan dan pasang kembali. Anda juga dapat melepas SD Card untuk sementara, selama proses download aplikasi di Play Store.

7. Perbarui sistem Android

Penyebab lainnya adalah sistem HP Anda terlalu tua. Coba periksa pembaruan sistem Android di ponsel Anda.

Sistem Android yang selalu terbarui dapat membuat aplikasi seperti Google Play berfungsi dengan baik. Berikut langkah-langkah untuk melihat pembaruan sistem Android:

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Pilih Sistem
  3. Kemudian pilih Periksa pembaruan atau Pembaruan sistem
  4. Lokasi menu ini mungkin berbeda di setiap perangkat. Jika ternyata ada notifikasi untuk update, sebaiknya update secepatnya.

Cara Mengunduh dan Menginstal Google Play Store

Unduh dan instal Google Play Store terbaru
Unduh dan instal Google Play Store alternatif
Jika metode di atas masih tidak berhasil, Anda dapat menghapus Play Store dari ponsel Anda dengan menghapusnya secara paksa. Mengapa dengan paksa? Sebagian besar ponsel Android memiliki APK Play Store yang disematkan dan tidak dapat menghapusnya sepenuhnya.

Biasanya kami hanya dapat menghapus pembaruan. Jadi jika Anda ingin menghapusnya sampai benar-benar hilang, Anda harus melakukan root pada ponsel Anda untuk dapat menghapus Play Store.

Jika hilang, Anda dapat menginstal APK Play Store langsung dari situs pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh dan menginstal APK Google Play Store:

1. Unduh Play Store dari situs alternatif

Setelah mencopot pemasangan Play Store secara menyeluruh, Anda dapat mengunduh APK Play Store dari situs-situs seperti Apk Pure, Apk Mirror atau uptodown.

Pastikan untuk mengunduh Play Store dari situs yang dikenal aman. Anda biasanya bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis.

2. Buka menu Sumber Tidak Dikenal

Setelah mengunduh APK Play Store, Anda tidak bisa langsung menginstalnya begitu saja. Karena APK diperoleh dari situs alternatif, Anda perlu mengaktifkan menu Sumber tidak dikenal.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan atau Pengaturan
  2. Lalu pergi ke menu pengaturan Ekstra
  3. Kemudian pilih Sumber tidak dikenal
  4. Pilih Ya atau aktifkan

3. Instal APK Google Play Store

Dengan begitu, setelah mengizinkan instalasi dari sumber yang tidak dikenal, Anda dapat langsung menginstal APK Google Play Store yang Anda unduh dari situs pihak ketiga.

Setelah instalasi berhasil, Anda dapat langsung mengatur akun Google Anda di aplikasi Play Store yang baru.

Maka dari itu google play store tidak bisa downloadd dan cara memperbaiki Google Play Store agar bisa digunakan kembali.

Masalah ini memiliki beberapa penyebab dan juga cara memperbaiki masalah yang tidak dapat diunduh atau melambat di Play Store dapat dilakukan berdasarkan artikel ini.

Semoga artikel ini dapat membantu masalah umum dengan aplikasi Google Play Store. Jadi Anda tidak perlu pergi ke service center untuk memperbaiki aplikasi ini.