Pengertian E Business Contoh Serta Keuntungannya

Inilah makna e bussines, konsep strategis, contoh dan manfaat yang bisa diraih. Mari kita pelajari dan pahami bersama apa definisi e bussines yang bisa populer di era digital ini.

A. Apa definisi dari e business?

Yang dimaksud dengan bisnis elektronik atau e bussines adalah kegiatan transaksi, penjualan, bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau internet sehingga perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis. Atau arti singkatnya e bussines, yaitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan dan mengelola bisnis seseorang untuk menghasilkan keuntungan. Teknologi informasi dan komunikasi dalam e bussines digunakan untuk meningkatkan operasional perusahaan, meliputi semua aspek orientasi profit dan non profit perusahaan.

e-business

Pengertian e bussines juga dapat dilihat sebagai periklanan agar konsumen dapat membeli produk perusahaan. Jadi e bussines sangat berguna untuk e-commerce karena fungsi e bussines adalah untuk mendukung bagian-bagian dari bisnis seperti produksi, keuangan, pemasaran, dll. Oleh karena itu, perusahaan akan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan bisnisnya. menjalankan dan mengelolanya sampai menguntungkan.

B. strategi e-bisnis di perusahaan

Konsep atau strategi yang diterapkan oleh perusahaan dalam melakukan e bussines dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain sebagai berikut:

1. ERP “Enterprise Resource Planning”

Ini adalah strategi bisnis dari sistem informasi bisnis yang dapat digunakan untuk mengkoordinasikan sumber daya dan informasi yang digunakan untuk proses dalam melakukan bisnis.

2. EAI “Enterprise Application Programs”

Merupakan strategi bisnis pada konsep integrasi proses bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk bertukar informasi.

3. CRM ”Customer Relationship Management

Ini adalah strategi bisnis layanan dan perangkat lunak yang dirancang untuk meningkatkan profitabilitas dan kepuasan pelanggan.

4. SCM ”Supply Chain Management”

Merupakan strategi manajemen rantai pasok yang otomatis otomatis.

C. Manfaat yang akan diperoleh dari e bussines

Beberapa keuntungan yang ditawarkan e bussines adalah:

Perluasan pasar, dengan e bussines, perusahaan atau pelaku bisnis dapat memperluas pasarnya sehingga dapat memasuki pasar nasional dan internasional, sehingga para pelaku bisnis dapat menjangkau banyak pelanggan.
Mengurangi biaya telekomunikasi dan waktu transaksi serta adopsi produk.
Konsumen dapat melihat artikel, spesifikasi dan informasi lainnya melalui internet dan oleh karena itu tidak perlu pergi ke penjual.
Meningkatkan citra yang baik di mata pengguna tentunya juga merupakan bagian dari pelayanan yang baik, karena internet memungkinkan media informasi menyebar dengan cepat. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

D. Keuntungan dan kerugian dari e-bisnis

Ada beberapa kelebihan atau kekurangan dari e bussines, antara lain sebagai berikut:

1. Manfaat e-bisnis

A). Akses mudah

Artinya pelaku bisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang memadai untuk terhubung atau berinteraksi dengan pengguna dari jarak jauh maupun tidak langsung.

B). Lebih tepatnya target

Oleh karena itu, para pelaku bisnis yang mempromosikan produknya akan lebih tepat sasaran, sehingga konsumen akan meningkat.

C). Menghemat waktu

Jika Anda perlu bertemu pengguna atau mitra bisnis untuk berkomunikasi atau bertransaksi, komunikasi e-bisnis dapat dilakukan secara online di internet untuk menghemat waktu.

D). Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar

Kebanyakan orang selalu berpikir bahwa memulai bisnis membutuhkan modal yang besar, terutama saat mempromosikan suatu produk untuk dijual. Sekarang dapat dilihat bahwa banyak orang dengan sedikit atau tanpa modal menjalankan bisnis melalui internet atau online. Hanya dengan modal kecil dan didukung koneksi internet yang memadai, banyak orang bisa dengan cepat menjalankan bisnis. Beberapa contoh bisnis di internet adalah menjadi reseller retail, jadi cuma menjual kembali produk yang dijual oleh penjual lain tentunya dengan kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya antara penjual dan pembeli.

2. Kelemahan e-bisnis

Ada beberapa kelemahan dari e bussines, antara lain sebagai berikut:

A). Tidak ada pertemuan langsung dengan pengguna dan sebaliknya

Jadi tidak akan ada akses antara pengusaha dan pengguna,

B). Risiko penipuan

Karena transaksi tidak langsung, ada risiko penipuan, terutama bagi pedagang baru yang baru mengenal internet. Namun saat ini ada banyak cara untuk mencegah penipuan, termasuk menggunakan transaksi bersama agar transaksi lebih aman.

E. Elemen E-Bisnis

Elemen e-bisnis, termasuk yang berikut:

1. Pengusaha

Yang dimaksud pengusaha adalah organisasi, produsen atau perusahaan, pemasok, mitra bisnis, konsumen, dll.

2. Alat, sumber daya atau media yang digunakan

Diantaranya adalah teknologi informasi dan komunikasi (komputer, internet, dll).

3. Kegiatan dan Tujuan

Ini mencakup aktivitas dan proses bisnis (layanan, penjualan, dan transaksi) serta aktivitas bisnis utama.

4. Tujuan

Diantaranya adalah komunikasi, koordinasi, pemrosesan organisasi, transformasi proses bisnis dan berbagi informasi.

5. Beberapa manfaat yang akan diperoleh

Beberapa contoh e-bisnisDiantaranya adalah pendekatan yang relatif aman, lebih fleksibel, efisien, peningkatan produktivitas, peningkatan profitabilitas, operasi bisnis terintegrasi, dll.

Baca juga: Pengertian Iklan dan Fungsinya

F. Beberapa contoh e-bisnis

Beberapa contoh e bussines saat ini adalah surat kabar atau media cetak berbasis online, bukan hanya media cetak. Banyak sekali media cetak yang menjalankan usahanya tidak hanya melalui media cetak tetapi juga melalui media online di internet dan tentunya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, misalnya berita dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat setiap saat dan semakin banyak berita terbaru. , dll. Contoh lain saat ini adalah banyaknya toko fashion yang menjalankan bisnisnya tidak hanya di dunia nyata, tetapi juga secara online.

Bagaimana Anda sudah tahu apa itu e bussines? Itulah penjelasan atau artikel tentang pengertian e bussines, jika menurut anda artikel ini sangat membantu jangan lupa untuk di share, terima kasih banyak.