Contoh Bisnis Plan Laundry Yang Mudah Dibuat

mediumsehat.my.id — Setiap pengusaha memiliki cara dan cara masing-masing dalam menjalankan bisnis. Ada orang yang tidak membuat perencanaan sama sekali, namun ada juga orang yang membuat perencanaan yang sangat detail untuk menciptakan proses bisnis yang jelas.

Tidak ada yang salah, semuanya memungkinkan untuk bisnis yang sukses dan sukses. Namun perlu Anda ketahui bahwa menjalankan bisnis tidak membutuhkan banyak aturan.

Anda harus secara mandiri mengubah rencana menjadi sistem yang menguntungkan, misalnya, menggunakan Prosedur Operasi Standar Keuangan dan Operasional. Sebaiknya gunakan plan atau biasa disebut bisnis plan agar bisnis Anda terpetakan dengan baik.

Contoh rencana bisnis laundry yang baik

bisnis-plan-laundry
gambar: viva.co.id

Berikut ini contoh cara membuat bisnis plan laundry kilogram dengan merk ELOKTENAN dan diferensiasi bisnis menggunakan setrika uap :

1. Halaman Depan

“Bisnis plan Eloktenan” laundry ELOKTENAN dengan setrika uap ”

2. Daftar Isi

Urutan daftar isi dalam bisnis plan ini sesuai dengan halaman-halaman yang ada, biasanya hanya disebutkan pokok-pokoknya saja.

3. Ringkasan

Layanan laundry memudahkan masyarakat untuk cepat mencuci, membersihkan dan mengharumkan pakaian. Apalagi bagi mereka yang sangat sibuk setiap harinya. Kebutuhan ini harus dipenuhi agar bisnis laundry dapat berdiri.

Halaman ini berisi ringkasan tentang:

Laporan keuangan terencana, yang terdiri dari prakiraan arus kas, prakiraan neraca, prakiraan laba rugi, dan prakiraan ekuitas.
Studi kelayakan usaha (feasibility study) dalam bentuk analisis keuangan, khususnya dalam kaitannya dengan analisis Break Even Point (BEP), atau ketika pengembalian investasi pokok, analisis internal rate of return (IRR) atau persentase pengembalian pada investasi, net present value -an analysis (NPV) atau dengan menganalisis berapa nilai sekarang yang mereka peroleh dengan menginvestasikan sejumlah tertentu selama periode tertentu, seperti usia peralatan yang diinvestasikan (pengeluaran modal).
Strategi pemasaran dan analisis pasar, berupa rencana strategis media promosi yang paling efektif dan efisien untuk diterapkan, analisis segmentasi pemasaran, analisis pesaing yang sebanding dalam industri dan time to market.
Desain produk dan kapasitas produksi.
Perencanaan manajemen dan sumber daya manusia
Rencana investasi (capital investment), rencana pembelian peralatan kerja yang digunakan untuk keperluan bisnis.
Bisnis ini sangat menjanjikan, apalagi jika beroperasi di daerah padat penduduk seperti lingkungan mahasiswa, perumahan dan kawasan industri. Lingkungan yang tidak memungkinkan untuk mencuci pakaian, terutama bagi mereka yang berada di wisma atau sibuk sendiri, akan memiliki kesempatan khusus untuk mencuci.

4. Deskripsi Perusahaan:

Perusahaan menggunakan merek sendiri yaitu “ELOKTENAN” yang artinya dari bahasa Jawa kurang lebih sangat bagus. Harapannya adalah keinginan dari pelayanan khusus tersebut membuat konsumen senang saat menggunakan jasa laundry disini.

Perbedaannya adalah penggunaan setrika uap. Setrika ini lebih mudah diaplikasikan pada pakaian. Prosesnya juga lebih cepat dari setrika listrik. Kemurnian dan bau lilin ini adalah salah satu tujuan utama.

5. Pemasaran

Perusahaan Laundry ELOKTENAN terletak di kampus Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Lokasi ini cocok untuk kampus atau mahasiswa. Mereka harus mencuci pakaian mereka setiap hari melalui binatu ini.

Pemasaran dilakukan dengan mendistribusikan booklet di kampus, menawarkan diskon untuk mencuci pakaian tertentu, dan menggunakan media pemasaran online untuk merencanakan perluasan target pasar Anda.

6. Barang dan jasa yang diproduksi

Pelayanan yang diberikan berupa pakaian laundry yang bersih dan wangi. Dan kemurniannya lebih baik daripada hasil pencucian dari tempat lain. Layanan ini terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari dry cleaning, wet cleaning, menyetrika, dll.

7. Upaya meningkatkan penjualan

Bekerja dengan jalur yang berbeda meningkatkan lalu lintas. Misalnya kerjasama dengan organisasi kampus untuk mendukung kegiatan kampus yang dikenal mahasiswa. Kemudian tingkatkan pemasaran Anda dan berikan promo setiap hari.

8. Modal

Pembiayaan modal kerja diperoleh dari uang bersama atau bersama dengan beberapa mitra usaha lainnya. Total modal yang dibutuhkan untuk investasi dan modal usaha adalah Rp 15.000.000. Modalnya digunakan untuk sewa tempat, beli mesin cuci, beli parfum dan sabun, beli setrika uap, bayar gaji pegawai dan perlengkapan lainnya.

9. Analisis keuntungan

Keuntungan dapat diperoleh dari selisih harga pokok produksi dengan harga jasa laundry. Harga cucian Rp 4000,-/kg, dan keuntungan bersih sekitar Rp 1500 per kilogram.

Layanan laundry ditargetkan pada proyeksi permintaan 3 ton setelah satu bulan analisis riset pemasaran. Jika target tersebut dapat dipenuhi, maka laba bersih per bulannya sekitar Rp 4.500.000.