Memahami Web Server Contoh dan Fitur

Mediumsehat.my.id — Jika seseorang bertanya kepada Anda apa itu server web, Anda mungkin tidak tahu. Dia sering membaca dan mendengar dua kata yang disebutkan sebelumnya, tetapi tidak sepenuhnya memahami apa yang dimaksud dengan web server.

Faktanya, banyak orang yang belum mengetahui arti dari web server. Oleh karena itu, sebelum memulai pembahasan yang lebih mendetail, ada baiknya dijelaskan terlebih dahulu apa artinya ini. Jika kita sudah mengetahui dengan jelas pengertian dari web server, maka kita sudah mengetahui kurang lebih bagaimana cara kerja internet.

Di bawah ini adalah informasi tentang server web, contoh, dan fitur. Server web pada dasarnya adalah perangkat lunak. Apa yang lebih sering kita dengar sebagai perangkat lunak atau perangkat lunak berada di server. Merupakan tanggung jawab server web untuk menerima permintaan sebagai halaman web melalui protokol HTTP atau HTTPS dari klien atau browser.

3.bp.blogspot

Setelah selesai menerima tugas, langkah selanjutnya adalah mengirimkan respon atau respon dalam bentuk halaman web. Dokumen HTML atau PHP biasanya merupakan format halaman web ini.

Oleh karena itu, Internet Explorer, Chrome, Mozilla, Opera, Safari, dll. Beberapa klien web atau browser yang sudah memiliki nama menyediakan layanan yang disediakan oleh server web. Agar browser dapat melihat halaman atau data yang kami minta.

Fungsi server web

Untuk memahami server web yang sedang kita bicarakan, sekarang kita akan berbicara tentang fungsi server web. Biasanya, melalui protokol komunikasi tertentu, pengguna meminta relokasi atau transfer file berikutnya di situs web. Tugas atau fungsi tersebut dilakukan oleh web server sebagai relay.

Ada banyak file di situs web. File dapat berupa gambar, video, teks, file, audio, dll. Fitur file pada halaman tersebut antara lain teks, video, audio, file, gambar, dll ditemukan. Dalam bentuk web server yang ditransfer atau dimigrasikan.

Untuk membuka sebuah situs atau situs, Anda biasanya harus mengetikkan kata kunci ke dalam browser yang ada. Anda dapat memilih browser Anda di mozilla, chrome, opera dan lainnya. Anda harus menekan enter untuk mengakses situs web. Langkah selanjutnya adalah browser meminta server web.

Server web kemudian memainkan peran. Server web menangani permintaan browser untuk menemukan data yang Anda inginkan. Jika data tersedia, server web mengirimkannya langsung ke browser. Sebaliknya, jika web server tidak dapat menemukan data yang diminta, maka browser akan ditolak.

Jenis Web Server

Ada banyak jenis atau contoh server web, tetapi tidak semuanya digunakan. Intinya di sini tidak banyak contoh server web yang digunakan oleh pengguna. Pengguna biasanya memakai lebih sedikit. Contoh server web yang paling umum digunakan oleh pengguna:

Apache
Apache Tomcat
nginx
lighttpd
Litespeed
Microsoft ISS
Google GWS

Di Internet, Apache adalah contoh server web yang paling banyak digunakan. Ini karena proses instalasinya sangat sederhana. Banyaknya program dukungan di Apache memungkinkan pengguna untuk bebas memutuskan layanan mana yang akan dipilih. Alasan utama program Apache ini adalah untuk merancang lingkungan sistem operasi UNIX.