Wajib Kamu coba 6 Aplikasi Desain 3D Android Terbaik Dan Gratis

Mereka yang ingin mendesain sesuatu pasti membutuhkan aplikasi yang dapat mendukung hobi ini. Anda tidak perlu menggunakan laptop untuk membuat gambar 3D. Kini sudah ada aplikasi desainer yang bisa digunakan di Android.

6 aplikasi Android 3D terbaik

1. 3D Creation

Aplikasi desain 3D pertama untuk Android adalah 3D Creation. Ini adalah aplikasi pembuatan model 3D yang sangat sederhana. Untuk penggunaan mereka sendiri, siapa pun dapat menggunakan Pencipta 3D karena aplikasi ini umumnya lebih mudah digunakan daripada aplikasi desain 3D lainnya.

Aplikasi 3D Creation memungkinkan siapa saja untuk membuat model berbeda yang dapat dilihat dalam 3D. Dari mendesain pesawat terbang, orang, karakter kartun, kapal, ampas kopi, tanda, benteng, dan banyak lagi. Semua desain ini dapat dengan mudah dibuat dengan aplikasi desain 3D untuk Android ini, dan terlebih lagi, gratis untuk digunakan.

Aplikasi 3D desain Android ini memiliki antarmuka yang lebih intuitif untuk perangkat dengan memori lebih sedikit. 3D Creation memungkinkan pengguna untuk menjelajahi berbagai desain, karya, atau model yang tersedia untuk umum dan memuatnya ke dalam proyek pengguna. 3D Creation menawarkan kualitas desain yang sangat baik.

Kemudahan dalam menggunakan kreasi 3D membuat orang senang saat mendesain dengan aplikasi ini. Aplikasi ini dikemas dengan fitur yang memudahkan untuk merancang tindakan. Dalam prakteknya, pengguna hanya perlu membuat bentuk dasar seperti kubus, silinder, bola, kerucut, dll, yang kemudian dibuat sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

2. Spacedraw
Aplikasi desain 3D untuk Android berikutnya adalah Spacedraw. Scalisoft telah meluncurkan aplikasi Spacedraw baru, editor 3D lengkap pertama untuk tablet dan smartphone. Namun, aplikasi ini hanya dapat digunakan pada layar ponsel dengan resolusi 480 x 800 piksel atau lebih tinggi.

Bahkan, bagi mereka yang akrab dengan banyak perangkat lunak desain 3D, dibutuhkan waktu hingga satu jam untuk mempelajari Spacedraw. Bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman desain 3D, software ini mungkin sulit untuk dipahami. Teknik desain tentu saja bisa dilakukan di Spacedraw, tidak berbeda dengan program lain.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat bentuk geometris dasar serta model berdasarkan kurva, poligon, dll. Aplikasi ini mengimplementasikan proyek dengan tekstur dan grafik 3D di atas model dan pencahayaan. Untuk mengontrol tampilan proyek, Anda dapat menggunakan sensor gerak, yang berfungsi dengan baik pada perangkat dengan giroskop. Program ini memiliki versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratis, ekspor dan simpan terbatas pada formulir dan jumlah node tidak melebihi seribu.

3. 3D Sculptor
Aplikasi 3D untuk desain Android selanjutnya adalah 3D Sculptor. Program ini pada dasarnya adalah editor model 3D bawaan. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat model 3D yang dapat digunakan untuk mengirim pesan teks. Bekerja dengan model di d3D Sculptor untuk Android mirip dengan bekerja dengan patung. Ada alat yang memungkinkan pengguna untuk menggambar atau membalikkan bagian model, menggores, menggeser, memutar, meregangkan, dan memanipulasi objek.

Hasilnya adalah patung tanah liat. Model yang dihasilkan dapat diekspor ke program pemrosesan profesional yang lebih kuat. Perhatikan bahwa pekerjaan dalam aplikasi ini cukup rumit dan antarmukanya tidak terlalu jelas. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mencari tautan di YouTube yang akan membantu pengguna mempelajari perangkat lunak ini.

4. Autoq3D
Aplikasi desain 3D untuk Android selanjutnya adalah Autoq3D. Autoq3D sangat cocok untuk siapa saja yang suka membuat bentuk 3D yang kompleks. Dengan bantuan aplikasi ini, pengguna didorong untuk membuat model 3D dengan ruang kerja yang nyaman dan intuitif, yang tentu saja sangat efektif. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat diperlukan untuk sebuah smartphone.

Pengguna dapat memindahkan, memutar, memperbesar dan memperbesar gambar yang dibuat atau proyek 3D. Autoq3D terdiri dari tujuh titik: kiri, kanan, atas, bawah, depan, belakang dan isometrik, yang sangat berguna saat merancang proyek selanjutnya.

Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk menggunakan aplikasi ini. Pengguna dapat menggambar ide mereka menggunakan geometri 3D sederhana, seperti kotak atau lingkaran. Anda juga dapat memindahkan dan memutar bentuk ini sesuai keinginan Anda. Fitur lain yang membantu desain pengguna termasuk memotong, membelah, mengganti, mengisi dan memotong.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi desain 3D ini adalah gratis atau tanpa di pungut biaya sepeserpun. Aplikasi ini berdiri sendiri dengan aplikasi lain tanpa autochost dan dapat digunakan secara gratis.

5. 3DC.io-3D Modeling
Aplikasi desain 3D untuk Android selanjutnya adalah 3DC.io-3D Modeling. 3DC.io-3D Modeling sangat ideal bagi mereka yang suka membuat gambar 3D. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang sangat populer karena mudah digunakan secara 3D di ponsel. 3DC.io-3D Modeling memiliki beberapa fitur yang membuat perancangan lebih mudah bagi pengguna.
Banyak juga contoh gambar 3D yang bisa menjadi sumber inspirasi saat mendesain. Ini dianggap sangat sederhana untuk penggunaan pribadi Anda dan tidak harus rumit untuk membuat gambar 3D. Seperti pada lampiran sebelumnya, langkah pertama adalah memilih bentuk dasar dari objek yang ingin Anda buat untuk membuat gambar utuh.
Untuk menyempurnakan bentuk, bentuk dasar ini digabungkan dengan bentuk lain untuk membentuk keseluruhan yang kompleks. Pengeditan juga dapat memanfaatkan beberapa fitur yang tersedia di aplikasi ini. Tidak hanya profesional tetapi juga pemula dapat menggunakan aplikasi ini.

6. 3D Slash
Aplikasi desain 3D Android terbaru adalah 3D Slash. 3D Slash adalah aplikasi yang sangat populer di pasaran sebagai program desain 3D sederhana. Aplikasi ini memiliki misi untuk membuat aplikasi kreatif yang dapat diakses oleh semua orang.
3D Slash menawarkan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna. Dengan beberapa fitur hebat yang sangat membantu dalam desain pengguna. Pengguna dapat membuat template proyek menggunakan alat Potong Kubus. Aplikasi ini gratis, artinya dapat diinstal secara bebas.