Faktor Penyebab Wifi Tidak Terdeteksi di Smartphone Android

Smartphone Android tidak bisa hanya terhubung ke Internet melalui penyedia ponsel. Selain menggunakan jaringan internet provider ponsel, Anda juga bisa menggunakan jaringan Wi-Fi.

Faktor Penyebab Wifi Tidak Terdeteksi di Smartphone Android
https bixbux comm

Jaringan wifi menawarkan lebih banyak keuntungan dibandingkan jaringan internet penyedia ponsel. Salah satu kelebihannya adalah tidak ada batasan kuota. Namun, terkadang smartphone Android tidak melihat wifi. Sebenarnya apa sih penyebab WiFi tidak terdeteksi di smartphone Android kamu?

Memang benar ada beberapa faktor penyebab WiFi tidak terdeteksi di smartphone Android Anda. Jika Anda ingin mencoba memperbaiki masalah ini, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu tentang apa penyebab WiFi tidak terdeteksi di smartphone Android di sekitarnya melalui artikel ini.

Faktor penyebab WiFi tidak terdeteksi di smartphone Android

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya ada beberapa faktor penyebab masalah wifi yang tidak terlihat di smartphone Android.

Berikut adalah beberapa penyebab WiFi tidak terdeteksi di smartphone Android di sekitarnya:

1. Router wifi tidak mendukung jenis smartphone Android yang Anda gunakan

Faktor pertama yang dapat menyebabkan smartphone Android tidak mendeteksi jaringan wifi adalah karena router wifi tidak mendukung smartphone jenis ini.

Ini benar-benar langka, terutama di era sekarang ini. Pasalnya sebagian besar jaringan wifi sudah menggunakan router dengan teknologi terkini.

Namun, mungkin masih ada jaringan wifi yang menggunakan router teknologi lama. Jika router wifi yang digunakan oleh teknologi masih lama, ada kemungkinan smartphone Android tipe baru tidak akan mendeteksi jaringan.

2. Alamat Mac dari smartphone Android termasuk dalam daftar hitam router wifi

Padahal, jika router wifi yang digunakan adalah router baru, kemungkinan masalah wifi tidak diperhatikan karena mac address dari smartphone Android yang Anda miliki sudah ada dalam daftar hitam router wifi.

Setiap teknologi router wifi baru memiliki fungsi daftar hitam untuk perangkat alamat mac tertentu. Efek dari gadget yang MAC addressnya di blacklist oleh wifi router tidak akan menentukan jaringan wifi.

3. Ponsel cerdas Android menyimpan terlalu banyak jaringan Wi-Fi

Jika Anda perhatikan, setiap kali Anda terhubung ke jaringan wifi tertentu, smartphone Android yang Anda gunakan harus menyimpan jaringan wifi.

Fungsi utama penyimpanan jaringan wifi di smartphone Android adalah untuk memudahkan pengguna menggunakan jaringan wifi yang sama di lain waktu.

Namun, itu juga dapat menyebabkan masalah wifi yang tidak terdeteksi. Pasalnya, smartphone Android masih memiliki batas penyimpanan jaringan Wi-Fi.

Jika ruang penyimpanan jaringan Wi-Fi terlalu penuh, ponsel cerdas Android Anda tidak akan lagi secara otomatis mendeteksi jaringan Wi-Fi baru.

4. Sistem smartphone Android rusak

Selain masalah router dan penyimpanan jaringan wifi di smartphone, masalah wifi yang tidak ditentukan juga bisa disebabkan oleh kerusakan sistem operasi Android di smartphone.

Saat OS Android rusak, ada sejumlah fungsi smartphone yang mungkin tidak bekerja secara efisien. Salah satu fitur yang sering terkena kerusakan OS Android adalah fungsi koneksi wifi.

5. Terjadi kerusakan pada hardware wireless pada smartphone Android

Jika Anda benar-benar yakin bahwa router wifi dan OS Android yang Anda gunakan baik-baik saja tetapi masalah wifi masih tidak diperhatikan, kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada perangkat keras nirkabel.

Yang pasti, Anda bisa mengaktifkan fungsi Wi-Fi di smartphone Android Anda. Jika smartphone Anda tidak melihat wifi di sekitarnya sama sekali, bahkan di smartphone lain Anda dapat melihat banyak jaringan wifi, Anda dapat memastikan bahwa perangkat keras nirkabel Anda rusak.

Cara memperbaiki masalah Wi-Fi yang tidak terlihat di smartphone Android

Jika Anda benar-benar mengalami masalah wifi tanpa disadari di smartphone Android Anda, bagaimana cara memperbaikinya?

Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki penyebab WiFi tidak terdeteksi di smartphone Android:

1. Hapus jaringan wifi yang tersimpan di smartphone Android

Jika smartphone Android Anda sangat menghemat jaringan wifi, mulailah menghapus jaringan wifi yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Tinggalkan saja jaringan wifi yang sering Anda gunakan.

Dengan mengurangi jumlah jaringan wifi yang tersimpan di smartphone Android Anda, kemungkinan besar Anda akan menyelesaikan masalah penyebab WiFi tidak terdeteksi di smartphone Android yang Anda alami saat ini.

2. Setel ulang ponsel cerdas Android Anda ke pengaturan pabrik

Padahal, jika memori jaringan wifi di smartphone Android Anda bersih tetapi Anda masih mengalami masalah wifi yang belum diperhatikan, coba lakukan factory reset pada smartphone Android Anda.

3. Setel ulang router wifi

Jika jaringan Wi-Fi yang tidak ditentukan adalah milik Anda, coba atur ulang router Wi-Fi. Kebanyakan wifi sering mengalami error atau malfungsi jika digunakan terlalu lama.

Lalu bagaimana jika penyebab utama dari masalah unspecified wifi yang Anda alami adalah kerusakan pada hardware wireless di smartphone Android Anda? Jika penyebabnya sebenarnya adalah kerusakan pada perangkat keras nirkabel di smartphone Anda, maka solusi yang tidak dapat dihindari untuk masalah wifi tidak jelas yang Anda alami adalah dengan mengganti perangkat keras nirkabel yang rusak.