5 Ide Usaha Kreatif Yang Bisa Anda Coba

Kreativitas itu penting dalam bisnis. Selain itu, sebagian besar bisnis sekarang tampaknya berumur pendek dan menghilang dengan cepat. Salah satu alasan utamanya adalah minimnya ide bisnis baru yang dibawa.

Untuk mempertahankan sebuah usaha yang kreatif, Anda memerlukan ide bisnis yang tidak hanya cocok dengan pembeli, tetapi juga membedakan Anda dari pesaing. Nah, artikel ini akan mengajak Anda untuk melihat beberapa ide bisnis atau usaha kreatif terbaik yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Di bawah ini kita akan membahas ide bisnis atau usaha kreatif yang mencakup berbagai bidang – mulai dari memasak hingga digital. Ingatlah bahwa beberapa usaha yang kreatif ini memerlukan keterampilan luar biasa yang tidak dapat dipelajari dalam semalam, seperti menggambar, musik, dan memasak. Karena itu, sebelum Anda mulai, Anda harus mempertimbangkan pengetahuan Anda.

5 Ide Usaha Kreatif Yang Bisa Anda Coba
i0.wp.com

1. Camilan Unik

Bisnis makanan cepat saji tampaknya sedang populer, tetapi selalu ada hal baru yang dapat Anda lakukan untuk membedakan diri Anda dari orang lain yang melakukannya.

Hanya mencoba untuk berhati-hati. Tahun demi tahun harus ada makanan khas yang dikenal.

Contohnya adalah berbagai makanan termasuk bumbu garam yang menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, salah satu produk Irvins Egg Sale ini sudah cukup dikenal di pasar Asia Tenggara.

Misalnya, Anda tidak harus memiliki ide makanan yang benar-benar baru untuk menonjol di depan umum. Makanan luar biasa bisa menjadi hal baru bagi produk lain yang sudah ada.

Selain mudah diimplementasikan, ide bisnis ini bisa diimplementasikan oleh siapa saja yang tidak mengganggu bisnis inti Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan.

2. Katering Sehat

Layanan makanan atau food service adalah salah satu bisnis tertua dan terpopuler di perusahaan. Secara umum, beberapa dari Anda mungkin memiliki keluarga atau teman yang melakukan bisnis ini.

Namun, Anda juga bisa membuka bisnis makanan yang sudah tidak asing lagi. Contohnya adalah pengolahan makanan yang baik.

Makanan yang disediakan oleh pelayanan gizi yang baik seringkali sesuai dengan gizi pelanggannya. Misalnya, seseorang yang makan mayones akan diberikan menu rendah garam.

Oleh karena itu, bisnis ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang kesehatan dan gizi. Jika tidak, maka anda perlu bekerja sama dengan ahli gizi.

Jenis makanan ini semakin populer di kota-kota besar. Misalnya, G Tagisi Gourmet merupakan makanan kesehatan asal Jakarta yang menawarkan berbagai menu untuk kesehatan, termasuk diabetes dan kanker.

Namun, pasar makanan enak tidak seramai daerah lain. Ini saat yang tepat untuk merintis.

3. Sayuran Dan Bahan Makanan Siap Masak

Pertumbuhan penduduk di masyarakat telah menyebabkan orang makan di luar keluarga. Bahkan, orang dapat menghemat banyak memasak untuk diri mereka sendiri – terutama untuk orang-orang dengan keluarga mereka sendiri.

Namun, tidak semua orang punya waktu untuk membeli dan menyiapkan makanan di rumah.

Dari sudut pandang ini, Anda dapat membuka produk bisnis yang disesuaikan di Indonesia.

Apakah Anda memiliki masalah dalam memahami ide? Anda dapat melihat apa yang dilakukan iCook.

Perusahaan makanan Malang ini menawarkan menu mentah yang berbeda. Namun, komponennya dibersihkan, dipotong dan diperas. Padahal, pembeli hanya tinggal memasaknya saja.

Bagi Anda yang gemar memasak atau membuat menu sendiri, ide bisnis yang satu ini tidak boleh dilewatkan.

4. Usaha Roti Dan Kue

Anda mungkin bertanya-tanya “mengapa roti dan kue memiliki ide bisnis baru?

Alasan yang sama seperti yang disebutkan dalam pembahasan sebelumnya tentang bisnis makanan khusus. Begitu ada banyak roti, ada banyak hewan baru yang bisa Anda buat. Kreativitas adalah kuncinya.

Ambil contoh Babe Bakery. Bisnis roti Jakarta ini menawarkan aneka roti tanpa antibiotik – idenya masih jarang.

5. Jual Barang Antik

Banyak orang tua kehilangan produk dan teknologi lama karena mereka ingin mengingatnya. Ada juga anak muda dengan selera kuno. Bahkan, Anda juga bisa melihat banyak orang yang jual beli barang bekas. Sehingga bisnis jual beli barang antik selalu berjalan.

Sebelum Anda mencoba ide bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui – terutama jika Anda baru mengenal pasar lama.

Pertama, Anda harus dekat dengan orang atau keluarga yang Anda pilih untuk memiliki ide kuno. Dengan cara ini Anda dapat mengidentifikasi jenis produk yang sering dijual.

Beberapa contoh barang antik yang akan dicari antara lain mobil, aksesoris, dan kamera sejenis. Namun, tidak jarang para kolektor memilih barang elektronik dari jaman dahulu hanya untuk desain, seperti televisi, radio, dan telepon.

Nah, dengan mendekati penggemar barang atau benda antik tersebut, Anda tidak hanya bisa mempelajari kondisi pasar, tetapi juga mencari koleksi barang antik untuk dijual di lapak sendiri. Karena komunitas barang antik cukup eksklusif, hal ini menjadi sebuah kewajiban bagi penjajanya.