8 Jenis OS Smartphone Yang Wajib Anda Ketahui

Mengapa ponsel dikatakan smartphone? Karena mereka memiliki sistem operasi yang disebut OS.

Sistem operasi memberikan tingkat dan definisi operasi telepon seluler, tetapi di luar operasi telepon, sistem operasi dapat menciptakan ekosistem bagi pengguna dan membuat telepon seluler lebih populer atau stabil.

Menyebutnya sebagai sistem operasi paling populer saat ini, khususnya Android, ekosistem open source telah membuat banyak donor menawarkan aplikasi Android dan, oleh karena itu, semakin banyak pengguna yang menggunakan sistem operasi tersebut.

Lalu apa saja sistem operasinya selain Android?

8 Jenis OS Smartphone Yang Wajib Anda Ketahui
4.bp.blogspot.com

1. OS Smartphone Android

Android adalah sistem operasi open source yang diluncurkan pada tanggal 5 November 2007. Awalnya, Android bekerja sama dengan Open Handset Alliance menyatakan dukungan mereka untuk pengembangan perangkat lunak open source.

Dalam konteks pengembangan Android, Android Inc. menyelenggarakan forum pengembangan sumber terbuka, yang mengundang 34 perusahaan IT terkemuka dunia seperti HTC, Google, Intel, Motorola, NVidia, Qualcom, T-Mobile dan perusahaan sejenis lainnya.

Sistem operasi Andoris terus berubah karena kode nama susu dan makanan, di mana bisnis komersial pertama Andorid disebut API Cupcat, diikuti oleh donat, Eclair, Froyo, roti jahe, honey comb, cream sandwich, jelly bean, Card kit, Lollypop, Marshmallow, Nugget, Oreo, dan Kue.

Andorid saat ini sedang mengembangkan Android Q API terbaru, tetapi tidak dirilis hingga informasi ini dirilis.

2. iOS

iOS adalah singkatan dari sistem operasi iPhone yang dikembangkan oleh Apple Inc. Untuk. Sistem operasi diluncurkan pada tahun 2007 dengan peluncuran Iphone dan sistem operasi berbasis MP3 online pertama, iPod Touch.

Berbeda dengan Android yang diluncurkan ke pasaran, iOS didesain khusus untuk perangkat iPhone, namun karena banyaknya pengguna iPhone, banyak juga pengembang Andorid yang membuat perangkat lunak berbasis iPhone.

Aplikasi saat ini disimpan di iStore, tetapi di Apple Inc. Adsense tidak berfungsi, sebenarnya semua aplikasi iPhone berbayar, kecuali untuk transaksi mikro dan aplikasi belanja di aplikasi yang ditawarkan secara gratis.

3. Windows Phone

Sebut saja Windows Phone generasi pertama yang menghubungkan East Plug dan Windows pada Oktober 2011. Sistem operasi ini pertama kali diinstal pada ponsel sekunder Sony Ericcson seperti Sony Ericson M1 dengan keyboard.

Windows Phone tiba dalam versi Nokia Samrtphone pada saat perusahaan ingin mendapatkan kembali prestisenya, tetapi lingkungan Android sudah begitu besar sehingga Windows harus melepaskan permainan dan membiarkan permainan desktop tidak dikenal untuk waktu yang lama.

4. OS Smartphone Blackberry

Black Berry OS adalah sistem operasi yang dimiliki oleh perusahaan IT mobile, yang dikembangkan oleh Research in Motion atau RIM.

Ketika pengembangan sistem operasi ini dimulai, tidak hanya digunakan pada ponsel Black Berry, tetapi juga pada ponsel apa pun, misalnya, perusahaan ponsel Siemens menggunakan sistem pendukung pada tahun 2005.

Masa keemasan eksploitasi meledak ketika Presiden AS Barack Obama meluncurkan kebijakan bahwa BB OS dapat digunakan di Gedung Putih dan Pentagon, di mana lebih banyak orang menanggapi wabah virus, terutama ketika BB OS memiliki pesan lunak pertama yo. layanan non-kredit seperti SMS.

5. OS Smartphone Symbian 40

Symbian 40 adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan seluler di Finlandia Nokia pada ponselnya.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa aplikasi yang dapat diunduh dari toko Symbian Nokia, namun sayangnya Nokia sebagai pemilik sistem operasi memilih untuk membuat perangkat atau ponselnya sendiri untuk mengembangkan aplikasi tersebut.

Harap dicatat bahwa Nokia telah merilis lebih dari 150 model ponsel yang terkait dengan sistem operasi. Faktanya, meskipun Samsung dan Apple belum maju secara bebas di pasar telepon, mereka bahkan menguasai lebih dari 80% telepon seluler di seluruh dunia.

6. OS Smartphone Symbian

Symbian OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd, terutama untuk perangkat seluler generasi pertama.

Nokia sendiri memiliki sesuatu yang istimewa tentang Symbian 40, tetapi Symbian juga digunakan oleh banyak perusahaan Samrthone pada saat itu, seperti Sony Ericcson, Panasonic, Siemens, Benq, Ericsson, dan Samsung. ketika datang ke model, ini bukan tentang perangkat lunak.

Symbian OS sebenarnya memiliki banyak inovasi dan pengembangan, hanya saja pengembangannya sangat monoton sehingga orang tidak mengetahui bahwa Symbian OS memiliki banyak versi seperti OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS, v9.1s dan s60 v5. Nokia N95 sendiri telah menggunakan sistem operasi Symbian sejak versi 9.2 untuk mengidentifikasi tindakan Symbian utama untuk Nokia.

7. OS Smartphone Bada

Pernahkah Anda mendengar tentang Samsung tetapi tidak pernah mendengar tentang Bada? Jika demikian, Anda berlebihan. Samsung, yang menguasai sekitar 60% pasar ponsel global, saat ini memiliki sistem operasi Bada.

Sevara secara harfiah berarti “Laut” dalam bahasa Korea, jadi ponsel pertama menggunakan sistem operasi yang disebut Wave dan Samsung. Yang dibawa Samsung ke softwarenya adalah penyediaan ponsel murah tapi bandel.

8. OS Smartphone Hongmeng

OS Hongmeng, atau Sistem Harmoni, adalah sistem operasi yang paling banyak dibicarakan sejak setelah perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Google, yang dilarang berbisnis dengan China, kemudian memutuskan untuk mendistribusikan layanan Google ke perusahaan teknologi China.

Hongmeng sendiri dirancang sebagai pesaing Android Open Source dan tidak hanya digunakan di ponsel tetapi juga di beberapa produk Huawei seperti Smart TV, kebisingan mobil, dan perangkat penyimpanan seperti jam tangan, pidato, dan lainnya