7 Cara Untuk Mengatasi Aplikasi Android Yang Tiba-Tiba Keluar sendiri

Masalah aplikasi yang tiba-tiba muncul dengan sendirinya saat dibuka (forced closing), tak bisa dipungkiri kerap menghantui para pengguna ponsel Android. Keluar dari aplikasi sering disertai dengan munculnya pesan kesalahan bahwa “sayangnya aplikasi berhenti” atau “sayangnya aplikasi berhenti”. Alasan umum itu sendiri adalah ketika file RAM dan cache terlalu penuh, tetapi bisa juga karena aplikasi yang ketinggalan zaman atau sistem operasi yang tidak didukung.

7 Cara Untuk Mengatasi Aplikasi Android Yang Tiba-Tiba Keluar sendiri
www.projektino.comm

Bagi Anda yang sering mengalaminya atau mengalaminya, berikut beberapa cara mengatasi aplikasi mati mendadak di ponsel Android.

1. Bersihkan cache aplikasi

File cache yang dibiarkan terlalu lama akan menumpuk dan dapat memperlambat kinerja ponsel Anda, sehingga aplikasi dapat berhenti secara tiba-tiba. Untuk ini, disarankan untuk menghapus file cache secara berkala.

Anda dapat melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih di Google Play Store. Berikut cara menghapus cache secara manual di Android:

– Buka pengaturan ponsel Android

– Kemudian klik Kelola aplikasi

– Setelah melihat daftar aplikasi, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache

-Pilih Hapus cache / Hapus cache

2. Hapus data aplikasi

Selain file cache yang penuh, file data aplikasi yang terlalu penuh juga dapat membuat aplikasi tidak berjalan normal. Anda dapat menghapus data aplikasi secara langsung mirip dengan menghapus file cache. Namun perlu diingat bahwa dengan menghapus data tersebut, maka data aplikasi di ponsel Anda akan hilang dan kembali normal. Berikut cara menghapus data aplikasi Android:

– Buka pengaturan ponsel Android

– Kemudian klik Kelola aplikasi

– Setelah melihat daftar aplikasi, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache

-Pilih Hapus data / Hapus data

3. Perbarui aplikasi

Jika setelah Anda mencoba kedua cara di atas tetapi masih tidak berhasil, Anda dapat mencoba memperbarui aplikasi yang sering tiba-tiba berhenti. Karena versi aplikasi mungkin remote dan perlu diperbarui ke versi terbaru.

Anda dapat memperbarui langsung melalui Google Play Store untuk memastikan keamanan.

4. Instal ulang aplikasi

Masih tidak berhasil? Coba hapus instalan aplikasi, lalu ganti dengan aplikasi baru dari Google Play Store.

Cara uninstall aplikasi ini sangat sederhana, berikut tutorialnya:

– Masuk ke menu Pengaturan

– Pilih menu manajemen aplikasi

– Temukan aplikasi yang akan di-uninstall

– Pilih Copot pemasangan

5. Mulai ulang Android

Tidak dapat mengatasi aplikasi Android yang tiba-tiba muncul dengan sendirinya? Anda bisa mencoba cara klasik yaitu dengan me-restart ponsel Android atau dengan mematikannya selama 5-10 menit kemudian hidupkan kembali. Android kemudian akan kembali berjalan normal.

6. Pembaruan sistem operasi

Saat ini, banyak aplikasi telah diperbarui agar sesuai dengan OS terbaru, tetapi apakah ponsel Anda masih menjalankan Android KitKat 4.4 atau lebih rendah? Hal ini jelas dapat mengakibatkan aplikasi menjadi tidak kompatibel dengan sistem operasi Android yang Anda gunakan. Salah satu solusinya adalah dengan mengupdate OS Android Anda, berikut caranya:

– Buka menu Pengaturan

– Temukan Informasi Telepon

– Pilih Periksa pembaruan sistem

– Jika pembaruan tersedia, pilih Unduh

-Tunggu sampai proses download update selesai

-Setelah selesai akan muncul tombol konfirmasi untuk proses restart, pilih Restart.

7. Atur ulang ke pengaturan pabrik

Cara ini adalah cara terbaik jika Anda sudah melakukan semua yang Anda bisa dan Anda masih tidak bisa melewati aplikasi yang biasanya menutup dengan sendirinya secara tiba-tiba. Disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan Atur ulang pengaturan pabrik, karena setelah factory reset berarti semua data di ponsel Anda juga akan hilang seperti ponsel baru. Berikut cara melakukan reset pabrik.

– Masuk ke menu Pengaturan

-Klik Cadangkan dan Pulihkan

– Pilih Reset data pabrik dan Reset telepon (atau Semua file di ponsel)

– Tunggu hingga proses selesai dan ponsel Anda akan hidup kembali.