6 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android Wajib Kalian Coba

Beberapa tahun yang lalu, sesaat sebelum era smartphone, seseorang praktis membutuhkan kamera, analog atau digital, jika ingin mengabadikan setiap momen indah. Ya, memiliki kamera adalah barang mewah saat itu. Tidak semua orang bisa memilikinya. Selain harganya yang tidak murah, juga secara fungsional hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu saja.

1.bp.blogspot.com

Sekarang dengan adanya smartphone, siapapun bisa merasa seperti memiliki kamera. Banyak juga smartphone yang menawarkan spesifikasi kamera dengan resolusi yang cocok untuk aktivitas fotografi. Kini Anda tidak perlu lagi membeli kamera terpisah untuk mengabadikan momen liburan atau untuk bertemu teman dan keluarga. Semuanya mungkin dengan kamera terintegrasi dari smartphone.

Selain itu, keberadaan media sosial juga menyebabkan peningkatan penggunaan kamera ponsel. Apalagi dengan media sosial yang khusus berbasis gambar atau foto seperti Instagram. Banyak orang mengunggah momen bahagia mereka ke media sosial.

Untuk mendapatkan foto atau gambar yang bagus, selain meminta kamera khusus untuk ponsel, Anda juga memerlukan aplikasi kamera yang tepat agar foto yang Anda ambil layak untuk diunggah ke jejaring sosial.

Ponsel cerdas memiliki aplikasi kamera bawaan secara default. Namun, aplikasi kamera bawaan ini seringkali memiliki fungsionalitas yang minim. Gambar yang direkam mungkin juga tampak buram dan kurang jelas. Untuk itu diperlukan aplikasi kamera tambahan untuk lebih mengoptimalkan gambar fotografi dari kamera ponsel. Ada beberapa aplikasi kamera terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai benchmark aplikasi kamera bawaan di ponsel Anda.

Aplikasi kamera Android ini pasti memiliki fitur luar biasa dan terkadang setiap aplikasi memiliki serangkaian fitur sendiri yang membedakannya dari aplikasi kamera terbaik lainnya. Beberapa fitur yang disediakan mungkin juga mirip dengan kamera SLR digital. Untuk membuat foto yang diambil dengan kamera ponsel terlihat seperti foto yang diambil oleh fotografer profesional.

Di bawah ini adalah 10 aplikasi kamera terbaik untuk ponsel Android beserta fitur unggulannya yang dapat Anda unduh dari playstore.

1. Kamera Google / Mode Gcam
Google Camera adalah aplikasi pengambilan foto resmi Google. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap seperti HDR + dan Photosphere 3600. Hasil aplikasi Google Kamera tampak lebih jelas daripada aplikasi Kamera bawaan ponsel. Namun sayangnya tidak semua perangkat mendukung aplikasi ini.

Fitur Kamera Google Unggulan

Sebagai penyedia layanan foto, Google Camera memiliki beberapa fitur yang bisa didapatkan pengguna setelah menginstalnya. Beberapa fitur tersebut adalah:

-HDR+: dilengkapi dengan kontrol eksposur ganda.
-Penglihatan malam: Mengungkapkan detail dan warna terbaik yang hilang dalam gelap.
-Super Res Zoom: Gambar tetap tajam saat diperbesar tanpa buram.
-Top Shot: Rekomendasikan bidikan terbaik.
-Potret: tambahkan latar belakang blur / bokeh
– Kiat Google Lens: pindai kode QR, pindai dokumen, terjemahkan, dll.
-Playground: tambahkan stiker ekstra ke foto.

2. Buka kamera
Open Camera adalah aplikasi kamera open source untuk ponsel Android. Sejauh ini, aplikasi ini masih secara rutin mengembangkan fitur-fitur terbaru. Aplikasi kamera ini relatif ringan, namun kuat, dan memiliki fungsionalitas yang cukup luas. Anda dapat mengontrol penggunaan secara manual seperti kamera SLR digital.

Fitur utama Kamera Terbuka

Sebagai penyedia layanan foto, Open Camera memiliki beberapa fitur yang bisa didapatkan pengguna setelah menginstalnya. Beberapa fitur tersebut adalah:

-Stabilisasi otomatis
-Berbagai fungsi: program pemandangan, efek warna, white balance, ISO, kunci eksposur, dll.
-Remote control: timer, mode pengulangan otomatis.
– perintah suara
– Interval pengguna dengan tombol volume
-Geolokasi
-Panorama
-Kamera API2
-Pengurangan kebisingan
– Gratis: tidak ada iklan saat menggunakan

3. VSCO

Aplikasi VSCO ini banyak digunakan oleh pengembang dan memiliki komunitas fotografer sendiri. Pengguna aplikasi kamera ini dapat berbagi dengan pengguna lain di seluruh dunia. Antarmuka dilengkapi dengan berbagai preset hingga 200 lebih. Setelah mengambil foto, pengguna dapat mengeditnya langsung dengan aplikasi VSCO.

VSCO. Fitur yang Direkomendasikan

Sebagai penyedia layanan fotografi, VSCO menawarkan beberapa fitur yang bisa didapatkan pengguna setelah instalasi. Beberapa fitur tersebut adalah:

-Preset penuh: 200+ (anggota), 10 (non-anggota / gratis)
– Pengeditan gambar dasar: kontras, saturasi, rona
– Telusuri foto menggunakan menu Telusuri
-Berbagi foto dengan komunitas.
-Efek antik
-Versi yang kuat: HSL, tepi
-Catatan, tips dan tutorial

4. Kamera 360

Tiga aplikasi kamera teratas sejauh ini mencoba memberikan pengambilan gambar yang bagus seperti fotografer profesional. tidak seperti Camera 360, tools ini menawarkan seni fotografi yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dan filter augmented reality. Camera 360 dikenal dengan fitur kecantikannya yang membuat foto selfie pengguna terlihat lebih baik dari yang sebenarnya.

Fitur utama kamera 360

Sebagai penyedia layanan fotografi, Camera 360 memiliki beberapa fitur yang bisa didapatkan pengguna setelah diinstal. Beberapa fitur tersebut adalah:

-Komunitas dunia
– Stiker yang menghangatkan hati dan lucu.
-Filter kecantikan dan riasan secara real time
-100+ filter langsung: kulit ajaib, cermin, paparan ganda, film, malam berbintang, badai, bokeh, dll.

5. Kamera MX

Camera MX memiliki antarmuka pengguna yang bersih dan sederhana yang memungkinkan pengguna untuk fokus lebih baik saat mengambil foto.

Selain mengambil foto dan video, aplikasi ini juga memiliki fungsi yang dikenal sebagai “Live Photos”. Seperti iOS, ia bergerak saat Anda menekan tombol rana.

Ada juga mode burst atau fungsi “shoot back”, yang dengannya Anda dapat melihat gambar yang telah Anda ambil bahkan sebelum menekan tombol rana.

6. Camera Zoom FX

Apakah Anda dengan cepat menangkap momen terindah? Maka Kamera Zoom FX bisa menjadi apa yang Anda butuhkan. Aplikasi kamera terbaik ini bahkan diklaim sebagai aplikasi kamera tercepat dalam hal mengambil foto dari smartphone Android. Jadi jangan heran jika Camera Zoom FX adalah aplikasi kamera terbaik di luar sana.

Ini bukan fiksi, karena Camera Zoom FX memiliki mode fast burst yang dapat mengambil hingga 50 foto dalam satu detik.

Tentu saja, mode ini bisa sangat berguna ketika Anda ingin mengabadikan momen aksi. Aplikasi ini juga memiliki image stabilizer yang dapat mencegah foto yang dihasilkan menjadi buram.

Selanjutnya, Camera Zoom FX juga memiliki antarmuka pengguna yang cepat dan responsif. Selain itu, juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengontrol secara manual, mengambil foto RAW, membuat berbagai alat pengeditan foto, membuat kolase, dan banyak lagi.