Cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart Dengan Mudah

Bagaimana cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart, laptop yang lama Restart tanpa indikasi apa pun? Anda pasti bingung, sobat. Berhentilah melakukan hal seperti itu karena mengganggu pekerjaan/tenggat waktu yang seharusnya cepat selesai. Saat ini laptop menjadi salah satu perangkat yang paling banyak digunakan.

Seperti halnya PC, laptop terkadang lambat memuat saat dihidupkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Cara termudah tentunya adalah dengan menekan tombol CTRL + ALT + Del secara bersamaan ke tombol Task Manager lalu pilih opsi Exit Task sebagai solusinya. Jika cara ini tidak berhasil, kami langsung menutup seluruh program dengan berat hati dengan menekan tombol on/off.

Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart

Namun jika hal ini dilakukan berulang kali maka akan menyebabkan kerusakan pada harddisk, secara tidak langsung sama dengan mematikan paksa komputer atau laptop yang anda gunakan. Oleh karena itu, di bawah ini Anda akan mengulas cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart.

Meski portable, namun mudah dibawa kemana-mana. Tentunya akan lebih sering digunakan sebagai smartphone. Jadi barang ini hampir sama dengan barang elektronik lainnya, baik dari segi spesifikasi, masalah bahkan dimasuki banyak virus sekaligus.

Namun disini kita akan lebih banyak membahas tentang laptop yang sering Restart lama. Sebelum masuk ke topik utama, terlebih dahulu kita akan mempelajari mengenai penyebab-penyebabnya, antara lain sebagai berikut.

Penyebab laptop Restart lama

Faktor utama penyebab laptop mati dengan sendirinya mungkin bisa diketahui karena beberapa alasan. Misalnya, usia, penggunaan terlepas dari waktu, mesin dan komponen portabel lainnya. Banyaknya file dan aplikasi dapat menyebabkan kinerja laptop drop dan akhirnya gagal sendiri.

Sistem rusak

Salah satu yang dapat menyebabkan hal ini kemungkinan besar bermacam-macam, baik penyalahgunaan, virus dan sebagainya. Tapi intinya Windows atau sistem operasi adalah alasan laptop lama Anda restart.

Prosesor terlalu panas

Langkah kedua Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa prosesor, itu benar-benar terlalu panas, sehingga menurunkan kinerja dan overhad. cara ini dapat diidentifikasi dengan cara berikut:

  • Kondisi suhu di monitor perangkat keras yang terletak di program BIOS
  • Penggunaan program bantuan untuk pemantauan suhu, mis. monitor perangkat keras CPUID.

Harddisk bad sector

Tiga alasan lain mengapa laptop Anda hidup dan mati dengan sendirinya adalah harddisk yang rusak di bad sector. Kondisi seperti ini akan menyebabkan laptop hang lama kelamaan. Akibatnya tidak bisa start, layar biru muncul dan restart terus menerus. Maka dari itu untuk mengantisipasinya sobat perlu merawat laptop dengan sebaik-baiknya untuk meminimalisir hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Jangan lupa untuk membersihkannya juga.

Virus

Tidak mungkin laptop Anda terkena virus tanpa menyadarinya. Karena pada dasarnya virus atau malware membuat memori kerja semakin stres, akibatnya proses ini berulang saat digunakan. Sehingga memungkinkan laptop untuk Restart dengan sendirinya dan menutup telepon.

RAM tidak sehat

Umumnya kemarin, laptop Anda masih hidup dan performanya seperti biasa. Tapi bagaimana Old Restart tiba-tiba datang pada waktu tertentu? Padahal sudah dibawa ke service center dan semua hardware dalam kondisi normal tidak ada keanehan sama sekali.

Nah, ini salah satunya karena kondisi RAM yang kurang bagus. Berdasarkan informasi yang kami ketahui, beberapa sudah mencoba menggantinya dan hasilnya cukup baik dan sudah kembali normal seperti sedia kala. Mungkin ini juga yang menjadi penyebab utama laptop tiba-tiba restart.

Cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart

Kurangi aplikasi startup

Aplikasi startup adalah program yang berjalan secara otomatis saat startup. Semakin banyak program, biasanya proses booting akan semakin lama. Untuk mematikan Aplikasi Startup, buka Pengelola Tugas dan Pengaturan.

Kurangi aplikasi startup

Anda dapat mengatur pengaturan daya baterai dengan mengklik kanan ikon baterai laptop. Hapus centang “Aktifkan startup cepat”. Lihat perubahan yang akan terjadi jika proses restart normal, berarti anda berhasil.

Perhatikan hard drive

Cara pertama untuk menghentikan laptop dari restart untuk waktu yang sangat lama adalah dengan memperhatikan hard drive perangkat Anda. Anda dapat memeriksa apakah ruang kosong di perangkat portabel Anda sudah mulai habis atau belum. Tentu saja jika ruang kosong di perangkat laptop Anda mulai habis, maka kinerja laptop Anda akan terpengaruh, seperti memuat aplikasi lama untuk proses Restart yang sangat lama.

Jika penyimpanan laptop Anda hampir habis, Anda dapat menghapus beberapa file atau program yang menurut Anda tidak terlalu penting untuk memberikan lebih banyak ruang kosong untuk penyimpanan laptop Anda. Anda dapat menghapus file yang tidak diinginkan yang menumpuk di laptop Anda, baik secara manual atau dengan menggunakan program pembersihan seperti CCleaner atau program pembersihan lainnya.

Perhatikan RAM

Cara lain untuk menghentikan laptop yang Restart adalah dengan memperhatikan laptop di laptop Anda. Pasalnya, jika kapasitas atau ruang kosong RAM pada laptop Anda rendah, maka akan mempengaruhi kinerja laptop Anda. Hal ini mungkin Anda perhatikan saat membuka aplikasi atau saat me-restart laptop akan terasa lambat dan tidak stabil.

Anda dapat menghentikan program atau program apa pun yang berjalan di latar belakang pada laptop Anda. Anda dapat pergi ke administrator laptop Anda dan menghentikan program yang berjalan di laptop Anda, yang tentu saja merupakan program yang tidak penting dan tidak Anda gunakan.

Pemeriksaan virus

Salah satu penyebab laptop lemot adalah terkena virus. Jika laptop anda sudah terinstall antivirus, coba scan laptop secara keseluruhan kemudian hilangkan virus yang menginfeksi laptop tersebut. Kemudian restart laptop dan lihat apakah hasilnya berubah atau tidak. Gunakan antivirus untuk menghindari virus-virus berbahaya. Selain antivirus, Anda juga harus berhati-hati saat mendownload file dari internet. Jangan mengunduh file secara sembarangan.

Kerusakan harddisk

Jika cara di atas tidak berhasil, mungkin ada masalah dengan hard drive Anda. Hardisk rusak, solusinya ganti dengan yang baru. Itulah beberapa cara agar laptop lama tidak restart. Anda dapat mencoba metode ini sendiri dan berhasil dengan jaminan.

Buat pengaturan di Pengaturan daya

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur pengaturan daya di bagian baterai. Metode:

  • Klik kanan pada baterai laptop, biasanya di pojok kanan bawah
  • Kemudian pilih Power Option yang terletak di urutan kedua. Setelah Anda klik, Anda akan melihat banyak pilihan di sebelah kiri. Cukup klik pada bagian Pilih apa yang dilakukan tombol daya.
  • Nanti Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya, cukup klik Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia.
  • Setelah Anda masuk, Anda akan memiliki beberapa opsi untuk dipilih. Nah, di bagian ini langsung saja cek bagian Turn on Quick Start On (recommended).
  • Jika dicentang, langkah selanjutnya adalah keluar dari Windows Explorer dan restart notebook untuk menentukan apakah prosesnya berhasil atau tidak.

Sekian review dari Berikut beberapa cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart, semoga bermanfaat.