Rekomendasi 10 Software Antimalware Terbaik Untuk Komputer Gratis 2022

Program komputer dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, namun di sisi lain, ada sebagian kecil orang yang membuat program jahat, salah satunya disebut malware.

Jika Anda sering berselancar di Internet, terutama saat mengunjungi situs yang tidak menggunakan SSL, biasanya sangat rentan terhadap ancaman malware. Selain itu, bagi Anda yang suka mendownload software, film dan jenis file lainnya perlu berhati-hati karena biasanya ada malware yang sengaja disisipkan saat mendownload. Untuk mendeteksinya secara langsung terasa sulit, Anda perlu menggunakan Software Antimalware di komputer atau laptop.

Software Antimalware

Apa itu Malware?

Malware (malicious software) adalah program jahat yang dibuat untuk tujuan merusak dan menyusup ke sistem komputer pengguna. Malware umum menyebar melalui Internet dengan mengunduh file, layanan email, dan program komputer yang terinfeksi.

Bahaya malware adalah merusak sistem komputer pengguna sehingga tidak dapat digunakan dan bertindak dengan pencurian data dan informasi penting di komputer. Namun Anda tidak perlu khawatir karena malware sebenarnya dapat dibersihkan selama Anda menggunakan antimalware yang tepat.

Software Antimalware Terbaik Untuk Komputer Gratis 2022

Berikut kami punya rekomendasi 10 Software Antimalware terbaik saat ini:

1. Norman Malware Cleaner

Software Antimalware pertama yang kami rekomendasikan adalah Normal Malware Cleaner. Perangkat lunak anti-malware ini mampu menghapus malware secara langsung di komputer Anda tanpa memerlukan konfirmasi penghapusan sebelumnya. Selain itu, Norman Cleaner mampu mengembalikan registry yang telah terinfeksi malware kembali ke keadaan semula. Beberapa fitur Norman Malware Cleaner antara lain:

  • Bersihkan sistem yang terinfeksi malware
  • Bunuh proses malware yang sedang berjalan
  • Hapus malware dari disk
  • Perbaiki registri yang rusak
  • Memperbaiki masalah firewall yang diserang oleh malware

2. eScan AV AntiVirus Toolkit

Jika Anda mencari antimalware gratis yang tidak perlu diinstal, maka eScan Antivirus Toolkit adalah rekomendasi kami. Program eScan ini mampu mendeteksi dan menghapus virus, spyware, malware, dan program jahat lainnya pada sistem. Untuk bisa menggunakannya anda harus scan secara manual, tidak bisa realtime seperti antimalware lain yang terpasang.

3. NoVirus Thanks Malware Remover

Antimalware ketiga ini juga portabel seperti yang kedua. NoVirusThanks Malware Remover mampu menghapus malware, adware, spyware, virus, dan program jahat lainnya. Perangkat lunak ini juga mampu membersihkan browser dan pembajak file hosting di komputer Anda. Ini adalah perangkat lunak anti-malware portabel yang sederhana namun efektif untuk mengamankan komputer.

4. MalwareBytes Anti-Malware Free

Malwarebytes memiliki system scan terbaik, software ini khusus menangani komputer/laptop yang sudah terinfeksi malware. Jika ingin maksimal, Anda bisa membeli versi berbayar, namun jika tidak, masih tersedia versi gratis untuk menghapus malware yang menginfeksi komputer Anda.

5. Microsoft Safety Scanner

Seperti namanya, antimalware ini adalah produk dari Microsoft. Anda dapat menginstal Pemindai Keamanan Microsoft ini secara gratis dan portabel. Antimalware ini juga yang paling sederhana dibandingkan dengan yang lain. Software ini dapat bekerja selama 10 hari, maka Anda perlu mendownloadnya kembali untuk dapat menggunakannya.

6. Sophos Home

Sophos Home adalah rekomendasi anti-malware gratis yang dapat melindungi pengguna komputer Windows dan Mac dari semua serangan malware, virus, ransomware, dan adware berbahaya. Kemampuannya telah dipercaya oleh beberapa pakar keamanan IT.

Sophos Home memiliki teknologi yang mampu menganalisis aktivitas mencurigakan yang merupakan indikasi malware dari file dan program di komputer Anda. Jadi sebelum malware menyebar, anti-malware ini sudah menemukannya. Fitur lain dari Sophos adalah memiliki fitur Antiphishing, sehingga ketika Anda mengakses website yang mengandung phishing, Sophos akan langsung bekerja.

7. Emsisoft Emergency Kit

Emsisoft Emergency Kit adalah program keamanan yang selalu memantau proses di komputer secara real time. Emsisoft mampu melindungi dari malware, spyware, virus, worm, adware, bot, cookie pelacakan, keyloggers, backdoors, Trojan horse, dan rootkit. Dibandingkan dengan yang lain, Emsisoft memiliki fitur yang paling lengkap dan tentunya juga tersedia secara gratis.

8. IObit Malware Fighter

IObit Malware Fighter adalah rekomendasi anti-malware gratis kami berikutnya. Fitur utama IObit ini perlu bekerja dengan antivirus utama Anda karena fungsinya khusus untuk menangani masalah malware saja. Soal kapabilitas tidak perlu diragukan lagi karena teknologi yang digunakan telah diambil alih dari anti-malware BitDefender.

9. Cybereason Ransom

Antimalware dengan logo seperti mata burung ini mampu bekerja dengan menghapus malware dan trojan horse. Perlu diketahui bahwa Trojan adalah jenis virus berbahaya yang mencuri data kartu kredit dan sejenisnya. Cybereason dapat digabungkan dengan antivirus lain, fokus pada tebusan Cybereason ini adalah untuk melindunginya dari program ransomware berbahaya.

10. BitDefender Antivirus Free Edition

Mendengar nama BitDefender pasti sudah tidak asing lagi dengan malware. BitDefender adalah salah satu rekomendasi anti-malware terbaik, selain menangani malware, Anda dapat menggunakan BitDefender untuk memindai komputer Anda dari virus. Kemudian software ini segera menghapus virus yang terdeteksi.

Bagi Anda yang ingin mencoba versi berbayar, ada beberapa fitur pembeda yang lebih lengkap seperti:

  • Manajemen kata sandi yang lebih lengkap
  • Impor kata sandi dari browser pengguna
  • Akumulator film untuk menghapus file sensitif secara permanen
  • Fungsi Add-in Penasihat Pencarian untuk penjelajahan yang lebih aman
  • Fitur perlindungan khusus di ransomware

Demikian pembahasan Software Antimalware Terbaik Untuk Komputer anda di rumah. Untuk menemukan yang terbaik, silakan coba satu per satu untuk menemukan yang terbaik, rekomendasi kami adalah Malwarebytes dan BitDefender adalah yang terbaik dibandingkan yang lain.

Bagi Anda yang membutuhkan lapisan keamanan ekstra untuk situs Anda dari serangan malware, kami memiliki rekomendasi untuk menambahkan layanan SSL Indonesia dari GudangSSL.id. Dengan menggunakan SSL, website akan aman dari berbagai serangan berbahaya yang dapat merugikan semua pihak.

Terima kasih