Freehand Tool Adalah? Fungsi dan Cara Menggunakannya di CorelDraw

Terima kasih banyak kepada teman-teman yang sudi terus mengikuti artikel corel yang sudah saya kirimkan. Demikian artikel tentang cara mengenal freehand tool di coreldraw yang merupakan salah satu tool di coreldraw yang sering kita gunakan untuk menjalankan project.

Tepat di bawah alat zoom di Corel. Freehand tool memiliki banyak submenu, seperti 2 point line tool, Bezier tool, pen tool, dll. Beberapa dari Anda lebih suka menggunakan alat mana pada Freehand Tool? Tulis ya di bawah ini.

Freehand Tool
fukatsoft.com

Selain menggunakan Freehand Tool untuk membuat kurva, Anda harus tahu untuk apa alat poligon? Polygon tool digunakan untuk membuat objek faceted. Jadi jika Anda menggunakan alat Polygon dan Freehand Tool untuk membuat objek. Untuk apa alat pena itu?

Karena pen tool masih dalam kategori freehand tools maka masih bisa memiliki fungsi yang sama persis, seperti membuat garis lurus atau lengkung dan lain sebagainya.

Sebelum mendalami, apakah Anda sendiri sudah mengetahui apa itu freehand tool, fungsinya dan cara menggunakannya? Nah, jika Anda belum membaca artikel ini sampai akhir, selain menyajikan informasi dalam bentuk tulisan, kami juga akan memberikan visualisasi sebagai gambar.

Pengertian Freehand Tool di CorelDraw

Freehand Tool Adalah tool yang dapat digunakan untuk membuat garis lurus atau tidak beraturan pada corel. Seperti namanya, instrumen freehand berarti gerakan bebas yang dihasilkan oleh tangan. Kurang lebih menu freehand itu kalau kita pakai alat tulis tapi digital.

Freehand tools juga memiliki beberapa submenu yang bisa anda gunakan, misalnya Bezier Tool, Pen Tool, dll. Kalau saya sendiri lebih suka menggunakan Pen tool, karena ketika pertama kali mengenal CorelDraw, saya merasa lebih cocok dengan Pen tool, walaupun terkadang saya menggunakan tool lain.

Fungsi Freehand Tool di CorelDraw

Freehand tool digunakan untuk membuat garis lurus atau tidak beraturan (bebas). Dengan menggunakan freehand tool ini anda dapat menggambar garis dengan lebih leluasa, anda juga dapat membuat garis lurus menggunakan freehand tool ini yang terdiri dari menekan Shift + Peg dengan kursor. Lakukan hal yang sama untuk membuat garis lurus.

Terdapat beberapa submenu pada menu Freehand tool jika ingin bereksperimen dengan Corel Draw, berikut penjelasannya :

  • Freehand tool : Alat yang digunakan untuk menggambar garis lurus dan tidak beraturan (bebas).
  • Bezier tool: alat yang digunakan untuk membuat garis dan titik koneksi.
  • Alat multimedia artistik: alat yang digunakan untuk membuat garis artistik.
  • Pen Tool: Alat yang digunakan untuk membuat garis lengkung dan lengkung dengan rasio kerawang.
  • Polyline tool : tool ini digunakan untuk menggambar objek pada pattern.
  • 3 Point Curve Tool : Alat ini digunakan untuk menggambar kurva.
  • Interactive Connector Tool – Alat yang digunakan untuk menggambar garis koneksi.
  • Dimensi alat: alat ini digunakan untuk membuat garis deskriptif lengkap sebagai deskripsi panjang garis.

Ini adalah beberapa submenu yang bisa Anda gunakan jika ingin bereksperimen dengan freehand tools untuk menghasilkan desain yang lebih baik.

Cara Menggunakan Freehand Tool di CorelDraw

Menggunakan Freehand Tool juga kurang lebih akurat menggunakan submenu. Misalnya dengan menggunakan Pen tool. Kami pengguna hanya perlu menggerakkan kursor untuk menghasilkan kurva yang koheren.

Kesimpulan

Freehand tool atau alat yang dapat digunakan untuk menggambar secara bebas di ruang kerja di CorelDraw. Alat ini digunakan untuk membuat garis lurus atau bebas. Freehand tools juga dapat memiliki submenu yang sering kita gunakan, seperti Pen tool. Pen tool adalah alat yang dapat digunakan untuk garis lengkung atau lengkung.

Nah, Pen tool juga merupakan bagian dari submenu Freehand Tool. Namun memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Sementara Freehand dapat membuat garis lurus atau bebas, Pen tool dapat membuat garis lengkung atau lengkung.

Kata terakhir

Demikian ulasan yang dapat saya berikan untuk artikel yang berjudul Pengertian Freehand Tool, Fungsi dan Cara Menggunakannya di CorelDraw, yang merupakan artikel untuk mempelajari Freehand Tool di CorelDraw. Tulisan ini juga dilakukan untuk menambah wawasan pembaca dan penulis karena saya sendiri mengutip dari sumber yang cukup lepas dan terima kasih banyak.