Kelainan atau Gangguan Yang Terjadi Pada Ginjal adalah

Ginjal adalah organ yang bertanggung jawab untuk menyaring racun atau kotoran dalam darah. Jika ginjal berhenti bekerja, kotoran dan racun dapat menumpuk di dalam tubuh. Gangguan Yang Terjadi Pada Ginjal ini disebut juga dengan gagal ginjal.

Padahal, penyakit ginjal tidak hanya terjadi karena organ tersebut berhenti bekerja. Adanya peradangan atau infeksi juga dapat menyerang dan menyebabkan penyakit ginjal.

Gangguan Yang Terjadi Pada Ginjal
www.deherba.com

Untuk mengetahui Kelainan atau Gangguan Yang Terjadi Pada Ginjal, simak pembahasannya berikut ini.

Apa itu Gangguan Yang Terjadi Pada Ginjal?

Seseorang dapat didiagnosis menderita penyakit ginjal ketika organ tersebut berhenti bekerja atau tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Ini mungkin karena gangguan ginjal atau dampak dari penyakit lain yang mendasarinya. Misalnya, kerusakan ginjal dapat dipicu ketika Anda menderita diabetes atau kondisi kronis (jangka panjang) lainnya.

Sakit ginjal juga dapat menyebabkan komplikasi, seperti tulang lemah, kerusakan saraf, dan kekurangan gizi.

Jika ginjal berhenti bekerja maka Anda perlu menjalani cuci darah atau biasa dikenal dengan cuci darah. Prosedur ini dapat menyaring racun dan memurnikan darah menggunakan alat tertentu.

Sayangnya, dialisis bukanlah obat untuk kerusakan ginjal. Namun, dialisis setidaknya dapat memperpanjang hidup Anda.

Berbagai jenis Gangguan Yang Terjadi Pada Ginjal

Ada beberapa jenis penyakit ginjal yang harus Anda waspadai, berikut daftarnya:

1. Batu ginjal

Gangguan Yang Terjadi Pada Ginjal yang pertama adalah Batu ginjal, Batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang paling umum. Ini terjadi ketika mineral dan zat lain dalam darah menumpuk, kemudian mengkristal dan membentuk massa seperti batu di ginjal.

Batu ginjal biasanya ditandai dengan gejala nyeri pinggang, nyeri saat buang air kecil, dan urin keruh atau berdarah.

Batu ginjal dapat diobati dengan melakukan extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Ini adalah proses pemecahan batu ginjal menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi.

2. Penyakit ginjal kronis

Menurut dr Devia Irine Putri, penyakit ginjal kronis disebut juga dengan gagal ginjal. Penyakit ginjal kronis biasanya disebabkan oleh penyakit lain yang mendasari. Termasuk berikut ini:

  • Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan tekanan pada glomerulus. Glomerulus adalah area ginjal yang berfungsi membersihkan darah.

Semakin tinggi tekanan di pembuluh darah Anda, semakin buruk fungsi ginjal Anda. Nantinya, ginjal berisiko rusak dan tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik.

  • Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula atau glukosa dalam darah. Ketika kadar glukosa tinggi, pembuluh darah di ginjal bisa rusak.

Akibatnya, ginjal tidak bisa menyaring darah dengan baik, dan tubuh bisa dipenuhi racun.

3. Penyakit ginjal polikistik

Penyakit ginjal polikistik adalah kelainan genetik yang menyebabkan kista, atau kantung kecil berisi cairan, di ginjal. Kista ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan menyebabkan kegagalan organ.

4. Infeksi Saluran Kemih

Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi bakteri yang menyerang sistem saluran kemih. Masalah kesehatan ini dapat segera diobati dan jarang menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Namun, jika dibiarkan, infeksi ini bisa menyebar dan menyebabkan gagal ginjal.

5. Glomerulonefritis

Jenis penyakit ginjal ini disebabkan oleh peradangan pada glomerulus. Peradangan glomerulonefritis dapat disebabkan oleh infeksi, efek samping dari minum obat, atau kelainan keturunan.

6. Kanker ginjal

Kanker ginjal merupakan penyakit yang sering terjadi pada usia lanjut. Kanker ginjal juga dikenal sebagai karsinoma sel ginjal.

Kondisi ini terjadi ketika sel kanker mulai tumbuh dan menyebar di filter kecil ginjal. Umumnya, fungsi ginjal untuk menyaring darah sudah tidak optimal lagi.

7. Nefropati diabetik

Ini adalah komplikasi dari diabetes tipe dua. Dimana fungsi ginjal terutama nefron terganggu akibat kadar glukosa yang tinggi.

Nefropati diabetik juga dapat terjadi ketika Anda tidak merawat kondisi diabetes Anda dengan benar.

“Kerusakan pada nefron atau bagian ginjal akibat gula darah tinggi pada akhirnya akan berujung pada gagal ginjal,” jelas dr Devi Irine.

8. Nefritis lupus

Nefritis lupus adalah istilah yang terjadi ketika terjadi pembengkakan atau iritasi pada ginjal akibat penyakit lupus.

Perlu diingat bahwa lupus adalah penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel-sel sehat tubuh sendiri.

Ketika sistem kekebalan menyerang ginjal, organ-organ ini bisa menjadi bengkak, teriritasi, dan akhirnya menyebabkan kerusakan serius.

Cara menjaga kesehatan ginjal?

Dijelaskan dr Devia, salah satu langkah dasar untuk mencegah Gangguan Yang Terjadi Pada Ginjal atau penyakit ginjaladalah dengan minum air mineral yang cukup.

“Selain itu, menjaga tekanan darah dan kadar gula darah tetap stabil juga penting. Jika Anda memiliki hipertensi atau diabetes, Anda perlu minum obat secara teratur. Terakhir, jangan menahan kencing karena ini meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.” dia menjelaskan. Dr Devi.

Penting juga untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk memeriksakan kondisi dan fungsi ginjal dengan dokter.

Jika ditemukan Gangguan Yang Terjadi Pada Ginjal, dokter dapat segera mengobati kondisi tersebut agar ginjal Anda tetap sehat dan bekerja dengan baik.

Jika ada yang ingin ditanya tentang penyakit ginjal, silahkan segera konsultasikan ke dokter.