Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Negara Maritim

Kuis Apa Yang Dimaksud Dengan Negara Maritim

soal : Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Negara Maritim

Jawaban

Negara maritim adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan, artinya negara yang luas daratannya lebih kecil dari luas lautnya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Negara Maritim
www.novriadi.com

Pembahasan

Apa Yang Dimaksud Dengan Negara Maritim Negara maritim merupakan julukan bagi negara yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan. Namun secara umum negara maritim adalah negara yang memanfaatkan wilayah maritimnya secara optimal dalam rangka navigasi.

Negara maritim adalah negara yang bergerak di bidang perairan. Negara maritim memiliki cadangan air yang melimpah.

Secara sederhana, negara maritim adalah negara yang memiliki wilayah perairan yang sangat luas. Biasanya perairan suatu negara maritim lebih luas dari daratan.

Sebagian orang beranggapan bahwa negara maritim adalah negara yang memiliki banyak pulau. Definisi ini juga dikenal sebagai negara kepulauan.

Daratan maritim dapat dikatakan sebagai daratan yang dikelilingi oleh wilayah laut atau perairan yang lebih luas dari daratannya. Negara maritim memiliki sumber daya alam yang beragam di laut dan kondisi geografisnya dikelilingi oleh perairan.

Beberapa negara yang merupakan negara maritim adalah Indonesia, Kanada, Jepang dan lain-lain. Negara-negara ini memiliki pantai yang panjang dan wilayah perairan yang lebih luas dari daratan.

Indonesia disebut negara maritim karena wilayah perairan Indonesia lebih luas dari negaranya. Indonesia memiliki sekitar 17.499 pulau dengan garis pantai sepanjang 81.000 km (terpanjang kedua setelah Kanada).

Selanjutnya, alasan mengapa Indonesia disebut negara maritim adalah karena posisi maritimnya yang strategis. Indonesia memiliki perairan seperti laut dan selat yang sering digunakan sebagai jalur transportasi, baik secara nasional maupun internasional.

Jalur air ini menghubungkan Indonesia dan negara-negara sekitarnya dengan negara-negara dari benua lain, seperti Amerika dan Eropa.

Ciri-ciri negara maritim

Apa Yang Dimaksud Dengan Negara Maritim berikut Ciri cirinya:

  • Negara maritim memiliki perairan yang lebih teritorial. Laut atau laut teritorial memiliki luas sekitar 2/3 dari permukaan bumi.
  • Negara maritim memiliki banyak pulau yang dikelilingi oleh laut atau perairan.
  • Negara-negara maritim memiliki sumber daya alam yang besar di sektor maritim. Sumber daya alam ini dapat melibatkan mineral, energi, makanan, dan banyak lagi.
  • Sebagian besar negara maritim adalah nelayan. Selain nelayan, masyarakat bekerja di sektor kelautan.

Pilar negara maritim

Ada beberapa pilar yang menopang negara maritim. Hal ini karena negara-negara maritim berada dalam kondisi alam dan budaya.

Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa unsur. Seperti unsur sosial, unsur politik, unsur ekonomi, unsur budaya serta unsur pertahanan dan keamanan. Adapun unsur-unsur yang menjadi pilar pendukung negara maritim adalah sebagai berikut:

  • Sistem politik

Sistem politik diperlukan untuk menjamin integritas. Keutuhan seluruh wilayah nusantara di Indonesia menjadi penting. Karena Indonesia adalah negara kesatuan. Sistem politik ini akan melibatkan perbatasan, wilayah pedalaman, pulau-pulau terpencil, pulau-pulau besar. Juga harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

  • Sistem ekonomi

Sistem ekonomi yang kuat diharapkan dapat memperbaiki sistem perdagangan. Ini termasuk laut, baik laut dalam maupun laut luar. Selain itu, harus mendorong pertumbuhan industri dan jasa maritim.

  • Sistem pertahanan dan keamanan

Sistem ini digunakan untuk menjamin kedaulatan negara. Selain itu, untuk menjamin hukum di seluruh wilayah laut yang berdaulat dan yurisdiksi nasional. Wilayah tersebut meliputi laut, darat dan udara di seluruh Indonesia.

  • Sistem sosial dan budaya

Dalam sistem ini harkat dan martabat masyarakat harus dijaga. Pluralisme suku, budaya dan agama yang akan melahirkan semangat cinta laut.

Dermaga. Kementerian Perhubungan Negara maritim adalah negara yang dikelilingi oleh lautan atau perairan yang lebih luas dari daratannya.

Kegiatan ekonomi negara maritim

Apa Yang Dimaksud Dengan Negara Maritim berikut kegiatan ekonomi yang sering dilakukan oleh negara-negara maritim:

  • Ini menawarkan perjalanan kapal antara pulau-pulau dan antar negara
  • Industri pembuatan kapal
  • Industri perbaikan kapal
  • Industri logistik untuk pengiriman barang melalui laut
  • Kegiatan ekonomi pelabuhan
  • pajak laut
  • Layanan navigasi angkatan laut
  • terminal kontainer
  • Layanan penyimpanan maritim
  • Pembuatan senjata dan kapal perang.

Demikian penjelasan mengenai negara maritim, ciri-cirinya dan beberapa pilarnya. Perekonomian negara maritim biasanya mencakup industri perkapalan, pembuatan kapal, konstruksi pelabuhan, dan semua industri dan jasa terkait lainnya.

jadi dari pertanyaan diatas tadi tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Negara Maritim sudah terjawab yaa, semoga bermanfaat