Jelaskan Batasan dan Ruang Lingkup Dari Ilmu Ekonomi adalah

Kuis Jelaskan Batasan dan Ruang Lingkup Dari Ilmu Ekonomi

Soal : Jelaskan Batasan dan Ruang Lingkup Dari Ilmu Ekonomi

Jawaban

Jelaskan Batasan dan Ruang Lingkup Dari Ilmu Ekonomi
kitamenulis.id

Jelaskan Batasan dan Ruang Lingkup Dari Ilmu Ekonomi jadi Ilmu ekonomi sebagai bagian dari ilmu-ilmu sosial tentunya berkaitan dengan disiplin ilmu lain dalam ilmu-ilmu sosial, seperti ilmu politik, psikologi, antropologi, sosiologi, sejarah dan sebagainya. Misalnya, aktivitas politik seringkali sarat dengan masalah ekonomi, seperti politik. Di sisi lain, ilmu ekonomi juga memiliki keterbatasan. Meskipun kita tahu bahwa pendekatan kuantitatif-matematis telah digunakan dalam ilmu ekonomi, pendekatan ini tidak dapat menghilangkan keterbatasan yang ada dalam ilmu ekonomi sebagai cabang dari ilmu-ilmu sosial. Pembatasan tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Subyek studi di bidang ekonomi tidak dapat ditemukan. Oleh karena itu, kesimpulan atau generalisasi yang ditariknya bersifat kontekstual (akan terikat oleh ruang dan waktu).
  • Dalam ilmu ekonomi, selain menjadi subjek kajian, manusia juga menjadi subjek kajian. Oleh karena itu, hasil penelitian yang berupa kesimpulan dan/atau generalisasi tidak dapat bersifat mutlak, dimana unsur subjektivitas akan mewarnai kesimpulan tersebut.
  • Tidak ada laboratorium untuk melakukan eksperimen ekonomi. Akibatnya, prakiraan ekonomi seringkali kurang akurat dan tepat.
  • Perekonomian hanya merupakan bagian dari keseluruhan program kegiatan suatu negara. Oleh karena itu, apa yang direncanakan dengan kenyataan seringkali tidak sejalan.

Secara umum, teori ekonomi dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu teori ekonomi makro dan teori ekonomi mikro. Perbedaan utama yang diteliti antara teori ekonomi makro dan mikro adalah sebagai berikut. Teori ekonomi makro mempelajari masalah dengan agregat (total atau keseluruhan), sedangkan teori ekonomi mikro mempelajari masalah dengan bagian-bagian agregat.

jadi dari pertanyaan di atas tentang ” Jelaskan Batasan dan Ruang Lingkup Dari Ilmu Ekonomi ” adalah Batasan dan Ruang Lingkup Dari Ilmu Ekonomi 2 yaitu ruang lingkup mikro dan ruang lingkup makro