10 Contoh Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi

Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai makanan khas daerah. Tak heran, hal ini bisa menjadi potensi besar yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan, salah satunya harus dijadikan peluang bisnis. Termasuk 10 Contoh Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi yang akan kita bahas kali ini.

10 Contoh Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi
indonesianchefassociation.com

Dari Sabang sampai Merauke Anda bisa menemukan berbagai jenis kuliner tradisional yang nikmat. Inilah yang membuat Indonesia kaya dan istimewa. Namun kini sudah banyak makanan tradisional dengan konsep modern dan wajah baru. Mau tahu apa saja modifikasi jajanan tradisional yang semakin eksis dan menggiurkan? Lihat gambaran lengkapnya di bawah ini.

Mengapa makanan daerah Dimodifikasi?

Perubahan resep tradisional tentunya tidak dimaksudkan untuk meninggalkan tradisi yang sudah ada. Di sisi lain, mengganti makanan justru bisa membuat Anda berlatih membuat resep yang sudah ada.

Nah, dalam dunia bisnis sendiri, perubahan makanan lokal juga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adaptasi selera pelanggan, penyederhanaan teknik produksi atau mengikuti tren penjualan saat ini.

10 Contoh Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi

Seperti namanya, makanan daerah pasti akan menggunakan resep tradisional dan dibuat dengan teknik tertentu. Namun, tak sedikit juga yang mengubah makanan daerah tersebut. Berikut 10 Contoh Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi

1. Serabi

10 Contoh Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi yang pertama adalah Serabi, Makanan ini dulunya identik dengan bumbu umum seperti santan, gula merah, meses, pisang, oncom, atau taburan gula pasir.

Namun berkat otaknya yang cerdas melihat peluang untuk pengembangan bisnis, akhirnya dia datang untuk mengombinasikan topping yang lebih variatif agar terlihat lebih eksklusif dan laris. Contohnya antara lain keju parut, SKM, parutan ayam, parutan coklat berbagai rasa, saus durian, potongan buah, madu, sosis, bahkan telur.

Dengan topping yang berbeda ini, pasti akan membuat rasanya semakin menggoda. Dan itu menjadi camilan modern yang naik ke kelas!

2. Martabak Manis

Anda pasti sudah tidak asing dengan jajanan tradisional yang satu ini bukan? martabak manis termasuk dalam 10 Contoh Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi masa kini, Martabak manis di era sekarang ini sudah mengalami inovasi yang lebih modern lho! Dengan berbagai topping yang lezat dan modern, antara lain green tea, crispy rice, almond, milo, coklat, oreo, kismis, potongan buah, hingga waffle.

Tak hanya itu, adonan tersebut juga dipadukan dengan bubuk aneka rasa seperti red velvet, taro, cokelat, dan pandan. Ini membuatnya lebih menarik dan menggugah selera.

3. Mochi Es Krim

Perubahan selanjutnya dari jajanan tradisional adalah es krim mochi. Sebelumnya, makanan ini hanya berisi kacang tumbuk dan gula merah. Sekarang tawaran turn on sangat berbeda. Di mana dimungkinkan untuk menggunakan hiasan rasa es krim yang berbeda.

Dapatkah Anda membayangkan sentuhan lembut mochi segar dengan es krim yang meleleh saat Anda menggigitnya? Rasanya enak sekali terbang ke langit. ha ha …

4. Pisang Nugget

Kalo pisang goreng harus biasa kah? Saat ini, pisang sudah menjadi makanan yang lebih segar, lho! Yang dibuat menjadi nugget dan ditambahkan berbagai topping seperti saus coklat, biji kacang, saus matcha, milo, oreo, parutan keju dan masih banyak lagi.

Tampilan yang lebih modern ini membuatnya laris manis di pasaran dan bisa menjadi alternatif oleh-oleh jika sedang menjalin hubungan!

5. Kue Cubit

Tekstur lembut di tengahnya membuat kue ini sangat istimewa! Mungkin jika toppingnya hanya taburan gula dan meses, kini Anda akan menemukan sejumput kue dengan nuansa kekinian.

Karena topping yang ditawarkan bikin ngiler, misalnya aneka saus cokelat, remah Oreo, kitkat, taburan, marshmallow, keju dan lain-lain. Adonannya juga dapat bermacam-macam warna lho! Jadi saya tidak sabar untuk mencicipinya!

6. Cireng Isi

10 Contoh Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi selanjutnya adalah isian cireng. Biasanya kalau beli, toppingnya oncom kan? Variasi topping kini lebih menggugah selera, antara lain sosis, keju, bakso, suwiran ayam bumbu, beef for corned beef.

Ada juga yang menyediakan potongan daging dingin di luar, seperti mozzarella leleh dan hidangan rumput laut. Pas banget jadi cemilan kekinian buat nongkrong!

7. Kue Rangin

Rasa pedas makanannya juga mantep, lho! Berkat tampilannya yang sederhana hanya dengan gula pasir, kamu bisa tampil lebih mencolok dengan berbagai topping modern seperti mozzarella leleh, saus cokelat, irisan sosis, bahkan suwiran daging. Tampilannya pun semakin variatif dan eksklusif berkat konsep barunya. Siap untuk mencoba?

8. Ketan

Ingin menikmati sajian kekinian dengan ketan? Karena tampilannya ternyata lebih menggugah selera dengan topping versi masa kini, antara lain saus durian, buah, meses, remah oreo, keju, SKM, dan sebagainya.

Namun, ketan versi lama tak kalah enak lho, karena taburan khas kelapa parut dan kuah gula merahnya sungguh luar biasa! Jadi kamu mau pilih yang mana?

9. Onde-Onde Rainbow

10 Contoh Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi ini yang sering dijual di pasar ini ternyata jadi incaran modifikasi jajanan tradisional modern lho! Untuk saat ini sudah mengalami perubahan dari segi warna adonan untuk berbagai topping yang enak seperti coklat, kacang tanah tumbuk, matcha, keju, red velvet, dan lain-lain. Jangan lupa untuk mencobanya!

10. Klepon Buah

Makanan yang sangat mengenal topping gula jawa ini ternyata sudah memperbaharui diri, lho! Dari adonan yang dicampur dengan berbagai jenis buah-buahan dan isian kekinian, seperti aneka rasa coklat, ketan hitam, ubi ungu, puree kacang tanah dan masih banyak lagi. Sangat cocok untuk acara keluarga!

11. Kue Cubit

Apakah Anda salah satu anak yang suka jajan di sekolah? Jika iya, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Ya, pie solnya rasanya manis dan bisa dibelah dua, jadi rasanya sangat enak. Dulu, pai tunggal biasanya hanya ditaburi coklat. Namun kini Anda bisa menggantinya dengan topping yang berbeda, seperti oreo, keju, teh hijau, dan red velvet.

12. Surabi

Kue ini biasanya populer di daerah Jakarta, Bogor, Bandung, Solo dan Surabaya. Dahulu, pancake biasanya dinikmati dengan pilihan topping yang terbatas, seperti oncom, gula, atau selai durian. Namun. Saat ini pilihan topping untuk kue surabi semakin bervariasi, misalnya keju, blueberry atau stroberi.

13. pisang goreng

Pisang goreng sebenarnya adalah salah satu jenis gorengan yang paling banyak diincar. Selain rasanya yang manis dan tekstur kulitnya yang renyah, jajanan ini biasanya juga dinikmati bersama kopi. Jadi, jika Anda pemilik warung kopi, tidak ada salahnya mencoba untuk meracik pisang goreng yang sudah dibuat, seperti banana nugget dan pisang goreng dengan berbagai topping kekinian.

14. Cireng

Camilan ini berasal dari provinsi Jawa Barat dan dibuat dari unta tapioka. Sebelum dikenal sebagai makanan modern, cireng banyak ditemukan oleh para pemasok makanan gorengan. Namun kini sudah banyak bar yang menjual cireng dengan isian yang kreatif, seperti sosis, keju, kornet, dan bakso.

15. Ayam Goreng Dengan Mozzarella

Menu yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar, karena cukup banyak pebisnis yang menghidangkan ayam mozzarella dengan geprek sebagai salah satu pilihan menunya. Memang, ayam geprek sendiri merupakan menu tradisional yang berasal dari Yogyakarta! Kata geprek sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya tergencet atau tergencet.

16. Martabak

Bukan rahasia lagi kalau martabak merupakan salah satu jenis jajanan yang paling banyak dicari. Makanan khas Bangka Belitung ini biasanya disantap bersama, misalnya bersama keluarga dan teman. Dulu, mungkin penjual martabak hanya menyediakan topping terbatas, seperti cokelat, kacang wijen, dan keju. Namun kini sudah banyak variasinya, mulai dari oreo, nutella, red velvet, martabak telor dengan topping mozzarella.

Akhir Kata

Itulah 10 Contoh Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi masa kini yang sedang ngehitz. Mengubah makanan lokal tidak hanya melatih Anda untuk membuat makanan yang Anda jual, tetapi juga membuka peluang baru bagi pembeli. Dan selain modifikasi makanan, kamu juga bisa memberikan kemudahan layanan transaksi melalui opsi pembayaran nontunai di aplikasi Cashlez!