Jelaskan Penyebab Terjadinya Masalah Ekonomi

Kuis jelaskan penyebab terjadinya masalah ekonomi

Soal : jelaskan penyebab terjadinya masalah ekonomi

Jawaban :

jelaskan penyebab terjadinya masalah ekonomi
accurate.id1

jawaban yang tepat dari pertanyaan d atas tentang ” jelaskan penyebab terjadinya masalah ekonomi ” adalah penyebab terjadinya masalah ekonomi adalah kelangkaan. Kelangkaan muncul karena kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan sarana untuk memenuhinya terbatas, atau dengan kata lain “perkembangan kebutuhan manusia terkadang tidak sebanding dengan produksi suatu produk/jasa yang ditawarkan.”

Pembahasan :

Mengapa masalah keuangan bisa muncul?

Maksudku, teman-teman. Masalah mendasar dengan ekonomi adalah kelangkaan. Apa itu kelangkaan? Kelangkaan adalah suatu kondisi di mana kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas.

Hai, waktu tidak terbatas? Apakah Anda mencoba mengingat berapa kali sehari Anda makan? Katakan saja 3 kali sehari. Bayangkan saja Anda harus makan 3 kali sehari, yang bisa dipenuhi melalui produksi pangan dari lahan seluas 2 meter persegi. Itu hanya untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jadi sekarang saya menanyakan ini. Ada berapa orang hari ini?

Hal lain, berapa luas lahan yang dibutuhkan untuk memproduksi pangan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan semua orang? Ingatlah bahwa tidak semua tanah yang tersedia cukup subur dan dapat ditanami tanaman. Belum lagi ada lahan yang digunakan untuk kebutuhan perumahan dan jumlah penduduk yang terus bertambah seiring dengan jumlah kelahiran. Keterbatasan sumber daya dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas inilah yang pada akhirnya menimbulkan masalah.

Secara keseluruhan, masalah keuangan dibagi menjadi 2 orang. Ada yang klasik dan ada yang modern. Saya memecahnya satu per satu.

Masalah Ekonomi Klasik

Pertama, saya akan membahas terlebih dahulu masalah ekonomi klasik. Masalah ekonomi klasik ini muncul atas dasar teori ekonomi klasik. Ada 3 masalah keuangan klasik guys.

  • Produksi

Masalah pertama ada di produksi. Produksi itu sendiri adalah proses mengubah sumber daya menjadi sesuatu yang memuaskan kebutuhan atau keinginan manusia. Misalnya, mengubah makanan dari nasi menjadi nasi.

Masalah dalam produksi dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti kurangnya lahan, keterbatasan modal, kurangnya sumber daya manusia.

  • Distribusi

Masalah ekonomi klasik berikutnya adalah distribusi. Distribusi itu sendiri adalah proses pengiriman barang yang telah diproduksi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh manusia. Contoh masalah distribusi, misalnya, yang terjadi di negara kepulauan seperti kita, guys. Untuk mengurangi biaya distribusi, barang biasanya didistribusikan dengan kapal. Padahal, Anda harus terlebih dahulu melihat keadaan arus laut, musim, dan faktor lainnya untuk pergi ke laut. Sedangkan jika ingin menggunakan pesawat, selain lebih mahal, kemampuan angkut pesawat tidak sebanyak yang bisa diangkut dengan kapal laut.

  • Konsumsi

Oke, selanjutnya adalah konsumsi. Konsumsi yang dimaksud di sini bukanlah memakan atau menggunakan barang, melainkan suatu proses atau kegiatan untuk memperoleh barang yang memuaskan kebutuhan atau keinginan, misalnya kegiatan pembelian. Masalah konsumsi terjadi, misalnya ketika barang yang ada tidak dapat dibeli atau barang yang tersedia ternyata tidak layak pakai.

Masalah Ekonomi Modern

Selanjutnya, saya akan berbicara tentang ekonomi modern. Ada 3 masalah keuangan modern guys. Berikut ketiga masalah tersebut.

  • Apa yang harus diproduksi dan berapa banyak?

Masalah besar pertama yang penting dalam perekonomian modern adalah bagaimana produsen dapat menentukan barang atau jasa yang harus atau harus diproduksi. Selain itu, jumlah produk yang banyak juga harus diperhitungkan. Mengapa? Ini adalah keuntungan dan kerugian bagi produsen dalam produksi. Sudah banyak barang yang dihasilkan, tapi ternyata tidak dibutuhkan atau peminatnya tidak banyak, bisa menimbulkan kerugian ya guys.

  • Bagaimana cara diproduksi?

Kami berasumsi bahwa masalah apa yang harus diproduksi dan berapa banyak diselesaikan. Nah, ternyata masalah berikutnya datang lagi. Bagaimana barang atau jasa itu diproduksi? Apakah Anda ingin produksi menjadi padat modal atau padat karya?

  • Untuk siapa produksi itu?

Selanjutnya, pertanyaannya adalah: kepada siapa barang atau jasa yang telah diproduksi akan dijual? Apakah pasar sasaran yang dituju memiliki peluang untuk membeli dengan harga tertentu sehingga dapat memenuhi biaya produksi dan menghasilkan keuntungan?

Nah guys, yang mau saya bahas sedikit adalah masalah ekonomi, yang terbagi menjadi ekonomi klasik dan ekonomi modern. Semuanya dimulai dengan sumber daya yang terbatas yang menangani kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Jadi jika ada masalah, harus ada solusi, bukan? Tentu ada, solusi untuk masalah keuangan ini akan dibahas di artikel lain. Kita akan melihat satu sama lain.

Jadi dari pertanyaan diatas tentang ” jelaskan penyebab terjadinya masalah ekonomi ” sudah terjawab yaa, semoga bermanfaat.