MDM Software Solusi Bagi Pengusaha Mengelola Usaha

OK guys MDM Software adalah alat utama dalam tren kerja jarak jauh dengan menerapkan Bring Your Own Device (BYOD). MDM adalah solusi bagi perusahaan untuk mengelola, memantau, mengintegrasikan, dan mendukung keamanan perangkat yang digunakan karyawan.

Bukan tanpa alasan, perusahaan yang menyediakan perangkat inventaris karyawan (berupa ponsel, laptop, atau tablet) tentu kesulitan mengatur penggunaannya. Belum lagi jika seorang karyawan berhenti atau perangkat hilang atau dicuri, yang membuat perusahaan lebih sulit untuk menemukan perangkat itu dan melindungi data yang disimpan, sehingga berpotensi menjadi sasaran serangan orang dalam. jaringan.

Tidak hanya solusi BYOD, MDM Software juga merupakan solusi untuk perangkat Company Owned Devices (COD) atau Company Inventory and Business Only (COBO) untuk distribusi aplikasi dan konfigurasi manajemen pada perangkat tersebut. Cari tahu persis apa itu MDM dan bagaimana bisa digunakan untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda di artikel selanjutnya.

Apa itu MDM Software?

Mengutip Tech Target, MDM adalah perangkat lunak yang memungkinkan administrator TI untuk memantau, mengontrol, dan memberikan perlindungan untuk keamanan perangkat, sistem, jaringan, dan data. MDM Software  dapat membantu bisnis mengelola transisi dari komputasi seluler berbasis desktop ke komputasi seluler yang kompleks sambil memprioritaskan keamanan data dan informasi, manajemen jaringan dan perangkat lunak, serta komputasi di seluruh jaringan atau sistem yang berbeda.

Peran utama MDM, tentu saja, adalah sebagai lapisan keamanan tambahan dan memastikan bahwa aktivitas di perangkat dipantau. Beberapa fitur MDM termasuk enkripsi perangkat, kebijakan khusus platform, enkripsi kartu SD, pemantauan geolokasi, profil konektivitas (VPN, WiFi, Bluetooth), penghapusan jarak jauh, dan beberapa lainnya.

MDM Software adalah solusi Enterprise Mobility Management (EMM) yang membantu perusahaan tidak khawatir tentang potensi kerentanan perangkat keras dan data perusahaan yang tersimpan di perangkat seluler tertentu.

Mengapa Anda harus menggunakan MDM?

Perusahaan yang menggunakan MDM dapat dengan mudah mengonfigurasi dan memperbarui persyaratan operasional pada mesin inventaris. Selain itu, perusahaan dapat secara bersamaan mengelola dan memantau perangkat inventaris sehingga dapat digunakan sesuai dengan tujuan dan kegunaan yang dimaksudkan.

Ini dapat membantu perusahaan jika terjadi kehilangan peralatan, pengunduran diri karyawan, atau ancaman keamanan lainnya. MDM Software dapat memberikan perlindungan untuk berbagai database dan informasi sensitif lainnya.

MDM Software dapat memberikan beberapa batasan untuk keselamatan dan keamanan sehingga data dapat dihapus atau dihapus dari jarak jauh ketika perangkat hilang. Di sisi lain, perusahaan dapat secara otomatis menyebarkan aturan keamanan (seperti mematikan kamera, menonaktifkan kartu SD, tidak mengambil tangkapan layar, memberikan kata sandi yang berbeda, dan sebagainya.

Bisnis juga dapat menerapkan sistem apa pun yang mereka butuhkan tanpa proses instalasi manual satu-ke-satu. Secara teratur, perusahaan juga dapat mengumpulkan data tentang aplikasi dan perangkat seluler untuk melacak lokasi perangkat tersebut.

4 Manfaat penerapan MDM untuk bisnis Anda

Dilansir dari PCMan, berikut adalah empat manfaat penerapan MDM untuk bisnis Anda.

  • Menetapkan kebijakan
    Perusahaan dapat menerapkan berbagai strategi untuk mengurangi kesenjangan antara persyaratan operasional dan tindakan lainnya. Untuk memfasilitasi dan mendukung berbagai proses ini, MDM dapat memberikan batasan otomatis untuk melindungi dan mengamankan aset perusahaan.
  • Masalah keamanan
    Jika perangkat karyawan hilang atau dicuri kapan saja, semua data masih dapat dilindungi menggunakan penghapusan jarak jauh. Faktor keamanan sangat membantu jika perangkat rusak dan tidak bisa digunakan lagi. MDM dapat memastikan bahwa semua data tetap aman dan terlindungi.
  • Manajemen Aplikasi
    Perusahaan dapat menawarkan berbagai sistem yang memenuhi kebutuhan mereka dengan proses instalasi yang sederhana. Dengan demikian, kebutuhan peralatan diselaraskan dengan kebutuhan dan penggunaan bisnis untuk meminimalkan kemungkinan peralatan digunakan di luar kebutuhan perusahaan.
  • Persyaratan penyimpanan
    Penggunaan perangkat dapat dipantau secara real time untuk memantau semua aplikasi dan penggunaan lainnya dengan mudah. Selain itu, pengelola TI dapat melihat dan mengetahui lokasi perangkat untuk memastikan keamanan dan pemantauan untuk perlindungan yang maksimal.

Apa kelebihan MDM?

  1. Menurut Manage Engine, berikut adalah enam manfaat penerapan MDM untuk memastikan data yang disimpan aman dan pengguna dapat mengakses informasi saat dibutuhkan.
  2. Hemat waktu dengan melakukan tugas berulang seperti mengonfigurasi pengaturan WiFi di perangkat secara otomatis.
    Merencanakan proses untuk meningkatkan kinerja.
    Meningkatkan produktivitas, seperti membatasi praktik non-bisnis selama jam kerja untuk memastikan karyawan lebih fokus pada kinerja.
  3. Penuhi standar kepatuhan seperti GDPR, HIPAA, ISO, PCI, dan CJIS hanya dengan beberapa klik.
    Tingkatkan keamanan dengan melindungi data perusahaan di perangkat seluler dan mencegahnya dibagikan atau disimpan oleh pihak ketiga.
  4. Kelola perangkat over-the-air (OTA) dari jarak jauh tanpa memerlukan intervensi pengguna dan tanpa memengaruhi produktivitas.

Keuntungan dari MDM Software Helios Mobility Suite

Helios Informatika Nusantara (HIN) menawarkan solusi MDM yang disebut Helios Mobility

Suite untuk membantu perusahaan memaksimalkan produktivitas karyawan di industri. Mulai dan kelola perangkat seluler dan aplikasi dalam skala besar, sambil memastikan keamanan data. Apa kelebihan Helios Mobility Suite sebagai produk lokal dibandingkan dengan solusi serupa dari kompetitor?

Instalasi sederhana

Mudah diterapkan dengan teknologi zero touch untuk membantu perusahaan Anda melakukan orientasi lebih cepat dan lebih efisien. Solusinya juga dapat mencegah pembaruan OS di setiap ponsel agar tidak disinkronkan dengan aplikasi seluler perusahaan.

Dipersonalisasi untuk individu

Anda dapat menyesuaikan fitur tertentu sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan dengan mudah mengintegrasikan aplikasi seluler Anda menggunakan platform API.

Dukungan dan layanan perusahaan

Didukung oleh tim lokal 24/7 yang siap membantu perusahaan Anda jika terjadi masalah.

Aplikasi Helios Mobility Suite (HMS) di berbagai industri
Helios Mobility Suite membantu perusahaan melacak kinerja end-to-end karyawan lapangan atau vendor, mulai dari perencanaan, pengelolaan, pengamanan perangkat hingga pengintegrasian dengan aplikasi seluler. Berikut adalah opsi yang digunakan saat menggunakan Helios Mobility Suite.

Departemen Pertanian

Pantau pertumbuhan melalui rantai pasokan untuk memastikan petani memaksimalkan penggunaan perangkat seluler dan perangkat lunak dengan menyediakan manajemen seluler, peningkatan produktivitas, dan solusi pencegahan penipuan saat mengirimkan hasil panen ke pasar. Helios Mobility Suite (HMS) memaksa pengemudi untuk tetap mengaktifkan GPS untuk melacak lokasi mereka. HMS dapat memperbarui aplikasi di perangkat dan driver petani secara otomatis untuk menerapkan praktik pertanian cerdas dan mengakses alat terbaru.

rantai pasokan

Rantai pasokan menjadi lebih responsif, produktif dan efisien. Dealer dapat memantau kinerja penjualan, assembler, dan driver setiap hari secara real time. Perusahaan juga dapat melacak dengan lebih baik rute kunjungan lapangan karyawan dengan menyesuaikan sistem GPS untuk memfasilitasi pengalaman aktif dan personal supervisor.

Departemen Logistik

Dasbor akan secara akurat mengidentifikasi lokasi server dengan GPS biasa untuk menemukan, mengamankan, mengelola perangkat seluler, dan mencegah penipuan.

Departemen multi-mata uang

Pemasaran, inspeksi, dan pengumpulan dapat meningkatkan produktivitas bisnis dengan program yang akan melindungi data pelanggan dari konsekuensi potensial. HMS akan membantu perusahaan mengembangkan perangkat seluler seperti pengenal digital untuk penjualan, survei, dan koleksi. Admin TI juga dapat dengan mudah menginstal dan memperbarui aplikasi secara otomatis dengan fungsi silent push & wishlist menggunakan play store perusahaan.

Departemen Barang dan Restoran

Tingkatkan pengalaman pengguna saat membeli dan memesan makanan dengan mengubah tablet ke mode kios untuk mengurangi manipulasi peralatan dan mempertahankan penampilan profesional. Mode kios unik aplikasi memungkinkan pengguna untuk melihat aplikasi tertentu yang mencakup ketersediaan stok, menu, dan aplikasi serupa yang terkait dengan item yang dijual oleh toko atau restoran.

Departemen Perhubungan

Penyedia layanan transportasi dapat mengatasi tantangan transportasi, termasuk pelacakan lalu lintas yang akurat, perangkat seluler yang aman, dan manajemen beberapa perangkat. Penggunaan GPS memastikan keamanan yang aman dan meningkatkan kepuasan penumpang.

Operator juga dapat mengakses hiburan dengan mode kios aplikasi tunggal di mobil, pesawat, dan kapal menggunakan tablet khusus sehingga mereka tidak dapat membuka aplikasi selain yang ditentukan oleh sistem HMS. Dasbor HMS akan mengelola, mengamankan, dan memperbarui aplikasi di perangkat Anda.

Demikian mengenai mdm software yang bisa saya sajikan untuk kalian semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca yang budiman,terimakasih.