9 Strategi Pemasaran Aplikasi Menjangkau Target Yang Ambisius

Mengenal strategi pemasaran aplikasi untuk memasarkan aplikasi Kamu hendak berarti dalam meningkatkan strategi totalitas. Ini hendak menciptakan uraian komprehensif tentang metode mencampurkan bermacam tata cara untuk membuat strategi pemasaran yang berhasil.

Strategi Pemasaran Aplikasi
googleusercontent

Perihal ini berlaku buat seluruh pemasar aplikasi, terlepas dari jenis aplikasi, anggaran serta audience sasaran. Postingan ini mengulas tentang 9 strategi pemasaran yang digunakan buat menjangkau sasaran yang sangat ambisius.

9 Strategi Pemasaran Aplikasi

1. Landing page serta web aplikasi Anda

Landing page merupakan strategi pemasaran aplikasi yang berarti, di mana pengguna bisa mendapatkan data lebih lanjut tentang aplikasi Kamu di website seluler serta desktop. Ini pula ialah tata cara efisien bayaran serta SEO( Optimisasi Mesin Pencarian) bisa digunakan buat menarik pengguna baru.

Web di web website Kamu pula hendaknya tetap diperbarui. Ini ialah metode lain dalam menggunakan SEO buat menciptakan pengguna baru serta menjangkau audiens sasaran. Web Kamu butuh secara strategis dibagikan lewat channel media sosial, dengan menggunakan analytics buat mengenali tipe konten yang sangat menguntungkan untuk strategi universal Kamu.

Contoh web yang menarik dari aplikasi seluler merupakan The Buzz dari aplikasi berkencan Bumble, permainan seluler Clash of Clans serta MyFitnessPal. Kamu pula bisa menunjukkan guest post serta berkontribusi di web lain selaku strategi buat memperoleh hasil terbaik.

2. App Store Optimization

App Store Optimization( ASO) merupakan proses buat tingkatkan visibilitas aplikasi Kamu di App Store serta Google Play Store. Ini berarti untuk ekspedisi pengguna Kamu sebab meski kampanye Kamu bawa banyak pengguna potensial ke App Store, aplikasi Kamu masih butuh ditampilkan dengan baik supaya pengguna melaksanakan instalasi. ASO pula bisa menarik pengguna organik tanpa bayaran.

Sama halnya dengan SEO, Kamu butuh mengenali serta menggunakan kata kunci buat ASO supaya aplikasi Kamu bisa mencapai peringkat yang besar di App Store. Screenshot aplikasi Kamu serta video pemakaian aplikasi pula butuh ditampilkan. Kamu pula bisa menggunakan jenis aplikasi sekunder supaya pengguna bisa menciptakan aplikasi Kamu dengan bermacam metode.

Bila membolehkan, deskripsi aplikasi Kamu pula hendaknya diterjemahkan ke dalam bahasa setempat. Silakan amati ebook kami yang ditulis buat menolong Kamu supaya bisa mendapatkan peringkat besar di App Store buat memperoleh panduan lengkap terpaut ASO.

3. Pemasaran lewat media sosial

Selaku pemasar aplikasi, Kamu tidak bisa mengabaikan sosial media. Pengguna rata- rata menghabiskan waktu sepanjang 1 jam 22 menit buat membuka media sosial tiap harinya di tahun 2020. Salah satu langkah pintar merupakan dengan secara teratur mengunggah post di bermacam channel media sosial Kamu buat tujuan lain tidak hanya tingkatkan pemahaman menimpa produk Kamu.

Konten buat channel media sosial bisa berbentuk web, lomba, thread dialog serta konten yang terbuat oleh pengguna. Ini bisa bermacam- macam bergantung pada jenis aplikasi- Anda bisa menciptakan metode buat melaksanakannya lewat studi pasar- tetapi channel yang pas hendak sangat berguna untuk aplikasi yang mempunyai elemen sosial, semacam fitness serta permainan.

4. Pemasaran lewat Influencer

90% konsumen berkata kalau keaslian jadi aspek berarti yang memastikan keputusan buat menunjang suatu brand. Pemasaran lewat influencer menggunakan para influencer buat menjangkau pengguna baru serta mempromosikan brand Kamu. Strategi pemasaran aplikasi sudah membuat industri ini sangat terkenal dalam sebagian tahun terakhir serta anggaran pemasaran lewat influencer naik sebesar 65 persen tahun ini.

Kamu bisa memakai influencer dengan bermacam metode buat menggapai sasaran pemasaran. Kamu bisa membagikan hadiah free( freebies) untuk para influencer buat dibagikan dengan audience mereka ataupun Kamu bisa membayar buat penempatan produk. Khasiat dari iklan berbayar merupakan Kamu lebih bisa mengendalikan modul iklan, namun pemberian produk kepada influencer yang pas merupakan metode yang efisien bayaran buat menjangkau audience.

Jenis strategi pemasaran app mempunyai cara- cara spesial buat bekerja sama dengan influencer. Misalnya, influencer bisa memakai aplikasi Kamu buat membuat lookbook, yang bisa ditampilkan di aplikasi Kamu serta dibagikan ke channel media sosial yang lain. Ini ialah metode yang sangat baik buat memperkenalkan fungsionalitas aplikasi Kamu kepada pengguna serta mereka bisa memilah buat melaksanakan instalasi sebab ketertarikan mereka dengan seseorang influencer.

5. Kampanye akuisisi pengguna berbayar

Akuisisi pengguna berbayar merupakan aplikasi menarik pengguna baru dengan iklan berbayar supaya memakai aplikasi Kamu. Kamu butuh mempersiapkan kampanye buat melaksanakan strategi ini serta membiasakan belanja iklan bersamaan dengan berjalannya waktu buat memperoleh hasil terbaik. Kamu butuh mengenali pengguna yang ditargetkan serta aksi dalam aplikasi yang diharapkan dari pengguna.

Dikala menganalisis keberhasilan kampanye serta membiasakan anggaran buat memperoleh hasil terbaik di masa depan, Kamu butuh mengamati informasi serta mengetahui tren dalam sikap pelanggan. Penyedia atribusi hendak menolong Kamu mengukur hasil tersebut dengan melacak jumlah pengguna yang melaksanakan tiap aksi. Kamu hendak memperoleh laporan yang menunjukkan channel dengan kinerja terbaik. Bila Kamu mempunyai lebih dari satu aplikasi, Kamu bisa berfungsi selaku publisher serta pengiklan dengan mengiklankan suatu aplikasi lewat aplikasi yang lain.

6. Menetapkan KPI (Penanda Kinerja Utama)

Keberhasilan strategi pemasaran aplikasi Kamu hendaknya dihubungkan dengan KPI. Tidak hanya digunakan buat mengukur kinerja aplikasi, KPI pula memikirkan kampanye serta aktivitas dalam aplikasi yang sangat berarti buat menggapai sasaran Kamu. Pengukuran kinerja dengan KPI hendak membagikan cerminan yang jelas tentang keunggulan aplikasi serta zona yang butuh diperbaiki.

KPI berarti yang butuh dicermati antara lain jumlah Pengguna Aktif Setiap hari, Mingguan serta Bulanan( DAU, WAU, Ingin), Bayaran per Akuisisi( CPA), Bayaran per Instalasi( CPI) serta Bayaran per Mille( CPM). Kamu pula butuh memikirkan Rasio Klik Tayang( CTR), Tingkatan Konversi, Tingkatan Retensi serta Jumlah Pengguna yang Menyudahi Memakai Aplikasi. Buat memperoleh data tentang KPI serta metode buat melaksanakan pemantauan, silakan baca ebook Back to Basics.

7. Kampanye retensi

Tingkatan retensi merupakan persentase pengguna yang masih aktif sehabis periode tertentu. Riset kami menampilkan tingkatan retensi rata- rata buat Hari ke- 1( 26%), Hari ke- 7( 11%), Hari ke- 21( 7%) serta Hari ke- 30( 6%), namun tingkatan retensi bisa bermacam- macam bergantung jenis aplikasi. Riset yang sama menampilkan alibi mengapa pengiklan umumnya memilah buat melaksanakan kampanye penargetan ulang satu pekan sehabis instalasi.

Pemasar aplikasi bisa berfokus pada retensi selaku metode buat tingkatkan LTV( nilai usia pengguna) serta ROAS. Tujuannya merupakan buat mengenali sesi di mana pengguna umumnya menyudahi memakai aplikasi serta mempertahankan mereka saat sebelum perihal tersebut terjalin. Dengan mempertahankan pengguna buat durasi yang lebih lama, Kamu hendak mendapatkan lebih banyak engagement serta pemasukan dari pengguna yang telah menginstalasi aplikasi Kamu.

Tingkatan retensi pula bisa menampilkan area- area yang butuh diperbaiki dari aplikasi Kamu. Misalnya, bila Kamu mempunyai tingkatan retensi yang sangat rendah di Hari ke- 1, bisa jadi terdapat permasalahan terpaut registrasi ataupun permasalahan lain dalam proses onboarding. Buat memperoleh data lebih lanjut tentang kampanye retensi, silakan amati panduan Adjust tentang strategi retensi yang berarti. Ini mencakup KPI yang butuh diukur, events yang butuh dilacak serta praktik- praktik terbaik yang lain.

8. Pemasaran lewat email

Mailing list merupakan metode yang baik buat secara teratur membagikan data terkini kepada pengguna serta mengirimkan penawaran promosi. Strategi pemasaran aplikasi ini bisa menolong Kamu tingkatkan tingkatan retensi serta menciptakan pemasukan. Bagi penyedia aplikasi cloud marketing, Emarsys, pemasaran lewat email merupakan aspek pendorong utama untuk retensi pengguna buat usaha kecil serta menengah: 81 persen mengandalkan email buat keperluan akuisisi pengguna serta 80 persen memakai pemasaran email buat retensi.

Salah satu khasiat utama dari pemasaran lewat email merupakan kalau ini ialah channel pemasaran yang membutuhkan persetujuan. Dengan kata lain, konten pemasaran Kamu cuma hendak dilihat oleh pengguna yang mendaftarkan diri. Pemasaran lewat email bisa digunakan buat membagikan khasiat spesial untuk pengguna yang sangat loyal.

CTA( call to action) sangat berarti untuk kampanye pemasaran lewat email: bagi web website hardware, Toast, suatu call to action bisa tingkatkan jumlah klik sebanyak 371% buat kampanye lewat email. Personalisasi email pula berarti buat memperoleh hasil terbaik. Hubspot menciptakan kalau kinerja CTA yang dipersonalisasi 202% lebih besar daripada basic CTA. Buat memandang praktik- praktik terbaik yang lain, silakan baca panduan kami tentang pemasaran lewat email buat aplikasi seluler.

9. Mempersiapkan strategi media buat aplikasi Anda

Salah satu metode pintar buat tingkatkan pemahaman tentang aplikasi Kamu serta diliput secara free merupakan dengan menghubungi media pada momen yang pas. Kegiatan Mobile Spree yang dibawakan oleh co- founder Dig. Leigh Isaacson serta Casey Isaacson, menarangkan tentang bermacam metode pemasar aplikasi bisa menggunakan ketertarikan media.

Dengan memakai pengalaman dia selaku jurnalis investigasi, Leigh Isaacson( CEO Dig), menarangkan kalau media lokal” mempunyai banyak koneksi serta cerita Kamu bisa menyebar dengan kilat”. Hendak namun, janganlah memaksakan modul iklan industri kepada para jurnalis. Kebalikannya, berfokuslah pada alibi mengapa aplikasi seluler Kamu layak diliput oleh media.

Penutup

Seperti itulah ulasan mengenai strategi pemasaran aplikasi terbaik. Ayo, bagikan pendapat serta komentar Kamu di kolom yang telah ada. Mudah- mudahan postingan ini bermanfaat untuk sobat mediumsehat semua. Terima kasih.