15 Aplikasi Google Translate Offline Membantu Memahami Bahasa Asing

Saat Anda sedang berlibur atau dalam perjalanan bisnis ke luar negeri, aplikasi google translate offline sangat penting untuk mengetahui dan memahami bahasa lokal masyarakat negara yang Anda kunjungi. Berguna untuk berkomunikasi dengan penduduk lokal di luar negeri.

Aplikasi Google Translate Offline
techharvest

Itulah mengapa sangat penting untuk membawa kamus kecil bersama kami, yang akan banyak membantu kami di negara lain. Seiring kemajuan teknologi, banyak developer yang membuat aplikasi terjemahan, salah satunya untuk membantu traveler memahami bahasa asing.

Meskipun ada banyak aplikasi terjemahan online, ada beberapa aplikasi terjemahan offline untuk pengguna ponsel Android. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi terjemahan offline untuk Android, baca ulasannya!

15 Aplikasi Google Translate Offline

1. Kamus Saya

Aplikasi ini memiliki rating yang bagus di Playstore karena sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula. Meski dikembangkan oleh developer lokal, aplikasi Android ini sangat andal untuk menerjemahkan kosakata dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Aplikasi Kamus Inggris (Kamusku) dapat digunakan tanpa koneksi internet, sehingga dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Jika arti kamus tidak ditemukan dalam aplikasi, fungsi penerjemah akan secara otomatis mencari arti kamus secara online.

2. Kamus Offline Lengkap

Aplikasi google translate offline lainnya adalah dari pengembang bernama Brixgen, yang menamai kreasi mereka Kamus offline lengkap membantu Anda menerjemahkan kata-kata bahasa Inggris yang terkadang membuat Anda pusing. Selain itu, aplikasi ini tidak akan membebani ponsel Anda karena ukurannya hanya 8,8 MB.

3. Kamus Inggris Indonesia

Seperti halnya aplikasi terjemahan lainnya, aplikasi Kamus Indonesia – Inggris ini menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memasang aplikasi penerjemah offline.

Aplikasi  Indonesian-English Dictionary ini hanya menyediakan fitur kamus khusus bahasa Indonesia-bahasa Inggris dan memiliki beberapa fitur tambahan. Misalnya, fitur latihan aplikasi membuat kuis berdasarkan kata-kata dalam kamus Anda.

Sangat menarik karena fitur latihan meningkatkan kemampuan bahasa kita. Aplikasi ini untuk Android 4.0.3 dan di atasnya, berukuran 13MB.

4. U-Dictionary: Kamus Pembelajaran Bahasa Inggris Terbaik

Berikut ini adalah aplikasi google translate offline Indonesian English Dictionary & Translator yang dikembangkan oleh pengembang Hong Kong Yudao Limited. Aplikasi penerjemah ini memiliki banyak fitur canggih dan dapat digunakan tanpa koneksi internet.

U-Dictionary adalah varian dari Oxford Dictionary, jadi dalam hal terjemahan, sangat akurat karena aplikasi ini didasarkan pada Oxford University Press. Youdao Limited juga menyediakan fitur permainan kata di aplikasi ini, yang menjamin bahwa ini bukan cara yang membosankan untuk belajar bahasa Inggris.

Selain permainan kata, ada juga pemeriksa tata bahasa yang membantu menemukan kesalahan ketik. Aplikasi keren ini dapat diunduh secara gratis dari playstore dan persyaratan sistem operasi minimum adalah Android 4.1 ke atas.

5. Kamus Line

LINE tidak hanya digunakan untuk chatting, ternyata Line telah merilis aplikasi kamus bahasa Inggris-Indonesia yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur hebat seperti latihan mendengarkan dan berbicara, kuis. Diskusi dan arahan.

Kamus offline LINE dictionary: Chinese-Eng ini berisi ratusan ribu kata bahasa Inggris dan terjemahan lengkapnya. Bagi Anda yang masih bingung tentang arti kalimat bahasa Inggris, aplikasi ini dapat menerjemahkan setiap kalimat bahasa Inggris atau sebaliknya.

Aplikasi ini hanya dapat digunakan pada ponsel berbasis Android. Namun, pengembang aplikasi ini dikatakan akan segera merilis Line Dictionary versi iOS.

6. Microsoft Translator

Tampaknya perusahaan paling terkenal di dunia, Microsoft Corporation, juga telah berpartisipasi dalam rilis aplikasi terjemahan untuk Android yang dapat digunakan secara offline.

Aplikasi google translate offline Microsoft Translator ini menawarkan sekitar 60 bahasa yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menggunakan input teks, audio atau foto. Aplikasi ini juga bagus untuk bepergian.

Ini karena aplikasi ini memiliki fitur kamus frasa yang dapat digunakan untuk memandu pengucapan frasa bahasa asing dan menerjemahkan berbagai frasa kunci.

7. Eng-Ind Offline Dictionary

Hampir mirip dengan aplikasi Kamus Offline ENG-IND, ini adalah aplikasi terjemahan serupa yang menyediakan fitur untuk menerjemahkan kosakata dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena Anda hanya perlu mengetik kata-kata yang tidak Anda mengerti. Selain kosakata, aplikasi ini dapat menerjemahkan kalimat. Lebih lengkapnya, aplikasi kamus ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti tenses, regular verb dan irregular verb.

8. iTranslate

iTranslate Translator adalah aplikasi terjemahan yang mirip dengan Microsoft Translator. Di playstore, aplikasi ini sangat populer karena sangat lengkap, sehingga membantu untuk memperdalam kemampuan bahasa anda.

Kesempurnaan fitur iTranslate dapat dilihat dari kemampuannya menerjemahkan teks ke lebih dari 100 bahasa dengan mengetik dan berbicara dengan suara laki-laki dan perempuan.

Tidak hanya itu, kelebihan lain dari aplikasi google translate offline iTranslate adalah tesaurus, yang biasa digunakan untuk melihat detail kata dalam aplikasi. iTranslate dapat digunakan secara online dan offline.

Dalam mode offline, terjemahan agak terbatas, artinya kamus hanya dapat digunakan untuk menerjemahkan lebih dari 40 bahasa. iTranslate dapat diunduh secara gratis dan pengguna dapat menggunakan beberapa fitur yang ditawarkannya. Namun, jika Anda ingin menggunakan versi lengkap aplikasi, pengguna perlu memperbarui aplikasi dan kemudian membayar.

9. Google Translate

Aplikasi buatan Google ini sudah umum digunakan dimana-mana dan biasa digunakan di situs online. Namun saat ini Google Translate juga tersedia dalam bentuk aplikasi Android yang dapat digunakan meskipun dalam kondisi tanpa internet (offline) dan dapat diunduh secara gratis.

Sama seperti situs web, aplikasi ini hanya didedikasikan untuk menerjemahkan kata dan kalimat. Namun, perbedaannya adalah aplikasi ini memiliki fitur untuk menerjemahkan teks pada gambar atau foto. Sangat menarik bukan?

Google Translate menawarkan sekitar 100 bahasa yang bisa diterjemahkan. Selain itu, aplikasi hebat ini tidak memerlukan fitur premium, semua fitur termasuk memo frasa, mode obrolan, dan tulisan tangan dapat digunakan oleh semua pengguna secara gratis.

Sayangnya, aplikasi ini dinilai kurang akurat dalam hal menerjemahkan kalimat. Namun demikian, bagi Anda yang suka bepergian, aplikasi ini wajib ada di ponsel Anda!

10. Kamus Bahasa Indonesia (Kamus Bahasa Inggris Offline)

Apakah Anda masih pemula dalam belajar bahasa Inggris? Kamus bahasa Indonesia adalah mitra belajar yang baik. Anda juga dapat menginstal aplikasi pembelajaran bahasa Inggris untuk membantu Anda mempelajari bahasa lebih cepat.

Aplikasi English – Indonesian Dictionary ini tidak hanya dapat menerjemahkan kata dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya, tetapi juga memiliki tenses dan kata kerja tidak beraturan yang berbeda.

Jadi, jika Anda menghafal pola tegang, aplikasi ini akan banyak membantu Anda. Menariknya, pengguna dapat menyimpan atau membagikannya ke kontak dan media sosial mereka.

11. Kamus & Penerjemah Bahasa Inggris Indonesia

Bahasa Inggris Indonesia Gratis adalah salah satu aplikasi terjemahan paling tepercaya untuk studi dan perjalanan. Dikembangkan oleh Bravolol, aplikasi Indonesian English Dictionary & Translator ini sangat efektif untuk menerjemahkan kata dan frasa bahasa Inggris karena aplikasi google translate offline  ini menawarkan opsi untuk menerjemahkan ke bahasa Inggris Amerika atau Inggris Inggris.

Kedua opsi memiliki perbedaan yang signifikan dalam ejaan dan arti kata. Aplikasi ini memiliki spesifikasi Android OS 4.4 ke atas dan ukuran aplikasi adalah 57 MB.

12. Dict Box

Dict Box adalah aplikasi penerjemah yang mendukung bahasa Inggris, Spanyol, Korea, Jepang, Cina, dan banyak bahasa asing yang dapat diterjemahkan dengannya.

Aplikasi Persian Dictionary & Translator – Dict Box ini didasarkan pada kamus Cambridge, Oxford, dan Wiki, jadi keakuratannya tidak diragukan. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa koneksi internet. Meskipun terlihat sederhana di permukaan, ternyata aplikasi ini menawarkan beberapa fitur hebat.

Lebih menarik lagi, aplikasi ini juga menggabungkan fitur koreksi ucapan, terjemahan dengan bantuan jepretan kamera, tes yang berguna untuk melatih pengembangan kosa kata dan latihan memori. Tidak terbatas pada aplikasi, pengguna masih dapat mengakses kotak dict melalui browser web.

13. Dictionary Lingue

Aplikasi terjemahan populer lainnya di Playstore adalah U Dictionary Translator. Tampilan yang keren dan mencolok menghiasi setiap halaman aplikasi ini. Seperti aplikasi google translate offline lainnya, Dictionary Lingue dapat digunakan secara offline.

Aplikasi ini mendukung beberapa bahasa seperti Jerman, Inggris, Prancis, Spanyol, Italia, Cina, Jepang, dan lainnya. Namun, pengembang Lingi masih berusaha mengembangkan dan secara bertahap menambahkan kamus dalam bahasa lain. Bahkan, aplikasi ini dirancang untuk percakapan sehari-hari dalam bahasa asing.

14. Reverse Dictionary

Reverso Translate and Learn adalah aplikasi yang sangat populer di Playstore juga. Aplikasi ini biasanya menyertakan kamus lengkap seperti aplikasi terjemahan. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk menggunakannya dengan mengetikkan kata dan frasa yang ingin Anda terjemahkan atau dengan mengucapkan kata-kata asing.

Dapat menerjemahkan ke dalam puluhan bahasa asing seperti Rusia, Polandia, Portugis, Inggris, Prancis, Spanyol dan banyak kamus asing lainnya. Fitur lain dari aplikasi ini adalah pelajaran bahasa asing.

Anda dapat mengaksesnya dengan menyentuh tombol “Belajar” untuk melihat pelajaran khusus yang ditawarkan. Kamus ini dapat digunakan di berbagai ponsel berbasis Android seperti Samsung Galaxy, Nexus, LG, HTC dan banyak merek ponsel lainnya, iOS, Blackberry dan Windows Mobile.

15. Aplikasi Terjemahan BK (Penerjemah Indonesia)

Aplikasi Terjemahan BK Translate adalah aplikasi yang dibuat oleh pengembang yang berfokus pada penerjemahan ke banyak bahasa seperti Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Arab.

Seperti aplikasi terjemahan lainnya, aplikasi ini berfungsi untuk menerjemahkan kata dan kalimat dengan mengetik, dengan tangan, atau dengan suara. Layar antarmuka pengguna juga dibuat sesederhana mungkin sehingga dapat digunakan oleh semua orang. Meskipun aplikasi terjemahan ini terlihat sederhana, namun cukup lengkap.

Penutup

Itulah 15 aplikasi Ggoogle translate offline untuk Android yang kami rekomendasikan karena paling efektif dan akurat untuk menerjemahkan kata-kata bahasa asing. Apakah Anda pernah menggunakan salah satu aplikasi di atas? Tulis pendapat kamu melalui kolom komentar ya! Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.