15 Aplikasi Buatan Google Selain Sebagai Mesin Pencari

Untuk saat ini, kita tahu bahwa Google hanyalah mesin pencari. Namun, bukan hanya itu. Sekarang Google telah berubah dari hanya mesin pencari menjadi mitra aplikasi buatan google dalam kehidupan sehari-hari.

Aplikasi Buatan Google
kraukraukdi

Namun banyak orang yang belum mengetahui fitur-fitur Google lainnya. Berikut adalah 15 aplikasi yang dibuat oleh Google untuk membuat hidup Anda lebih mudah!

15 Aplikasi Buatan Google

1. Aplikasi Google Translate

Bagi pecinta wisata, sulit untuk membaca informasi tertulis tentang daerah yang dikunjungi. Seperti yang terjadi di Rusia. Tapi jangan khawatir, dengan Google Translate, Anda hanya perlu mengarahkan kamera ke teks. Google Translate adalah layanan terjemahan mesin saraf dan statistik multibahasa yang dikembangkan oleh Google untuk menerjemahkan teks dan situs web dari satu bahasa ke bahasa lain. Google Terjemahan menawarkan antarmuka situs web, aplikasi seluler untuk Android dan iOS, dan API untuk membantu pengembang membuat ekstensi browser dan aplikasi perangkat lunak.

2. Gmailify

Aplikasi buatan google ini merangkum semua alamat email Anda bahkan jika Anda tidak menggunakan domain google(dot)com. Gmailify adalah perpanjangan dari fitur akses email non-Gmail dari aplikasi Gmail di Android yang telah ada cukup lama. Melalui layanan ini, pengguna email non-Gmail mendapatkan beberapa fitur yang hanya tersedia di Gmail, seperti fitur perlindungan spam Google dan klasifikasi email.

3. Google Scholar

Apakah kampus atau sekolah pernah melarang Anda mengambil konten dari Google karena Scholars Research Library tidak ilmiah? Google kemudian menanggapi tantangan “ilmiah” dengan menawarkan mesin pencari khusus kepada para peneliti. Anda dapat menemukan jurnal dan artikel ilmiah dengan Google Cendekia.

Aplikasi buatan google Cendekia ini adalah produk dari raksasa mesin pencari Google. Google telah merilis fitur ini sejak tahun 2004. Di Indonesia dikenal sebagai Google Cendekia. Alamat Google Cendekia ini adalah Scholar.google.com. 

Jadi Google Cendekia adalah produk mesin pencari, tetapi berfokus pada pencarian kutipan untuk peneliti. Dengan Google Scholar ini, peneliti mendapatkan referensi ilmiah seperti jurnal dan publikasi ilmiah yang tentunya tervalidasi. Google Scholar bisa dikatakan seperti perpustakaan, namun dalam format online. 

4. Google Keep

Bosan dengan tampilan catatan Anda yang polos dan mengesankan? Sekarang ada Google Keep, yang menawarkan warna khusus untuk membuat aktivitas mencatat menjadi menarik.

Google Keep adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan pengguna untuk mencatat catatan penting. Catatan dapat dibuat dengan teks, daftar, gambar atau suara.

Aplikasi ini adalah aplikasi default Google seperti Google Docs, Spreadsheets dan sebagainya. Jadi ketika pengguna memiliki Akun Google, Google Keep secara otomatis terintegrasi dengan Akun Google pengguna.

5. Google Timer

App Google Timer adalah jam khusus yang biasanya digunakan untuk mengontrol aliran peristiwa atau proses. Umumnya, stopwatch digunakan untuk menghitung mundur dari nol hingga batas waktu tertentu, tetapi penghitung waktu menghitung dengan menyetelnya pada interval tertentu, seperti jam pasir. Sekarang Anda dapat memiliki alarm online. Jika tidak ada stopwatch atau jam, Internet juga digunakan untuk mengingatkan Anda tentang waktu.

6. Google Sky

Sekarang kita tidak hanya bisa menjelajahi Bumi, tapi juga luar angkasa! Dengan Google Sky, Anda dapat melihat bintang, meteor, dan objek lain di luar angkasa.

Google Sky Map adalah aplikasi pemetaan konstelasi yang memungkinkan Anda mengetahui nama bintang saat Anda mengarahkan ponsel Android ke langit.

7. Google Font

Apakah Anda sering bingung memilih font untuk proyek Anda? Biarkan aplikasi buatan google membantu Anda memilih font yang tepat! Google Fonts adalah platform open source yang menawarkan berbagai pilihan font dan ikon. Sumber daya yang disediakan bukanlah font atau ikon sembarang, tetapi dimaksudkan untuk digunakan di situs web.

Computer Hope menyebutkan bahwa Google Fonts pada dasarnya terdiri dari antarmuka pemrograman aplikasi (API), sehingga Anda dapat menggunakan berbagai font di situs web pribadi atau bisnis Anda.

8. Google Art Project

Bagi Anda yang ingin belajar tentang seni, Google menawarkan ruang di Proyek Seni Google. Bukan hanya gambar dan informasi, tetapi perhatian besar terhadap detail diberikan pada elemen terkecil.

Google Arts & Culture adalah aplikasi berbasis web yang menggunakan Google Application Engine berbasis Java. Aplikasi ini memiliki dua fitur utama. Fitur pertama adalah Museum View, yang memungkinkan pengunjung situs menjelajahi galeri dan museum Google Art Project. Pengguna dapat menelusuri ruang museum secara virtual.

9. Think with Google

Ini adalah tempat yang tepat bagi mereka yang menyukai periklanan dan pemasaran. Aplikasi buatan google Think with Google membuat Anda selalu up-to-date dengan riset, ide pemasaran, dan tren terbaru di masyarakat.

10. Google Trends

Aplikasi ini berguna ketika Anda ingin melihat apa yang sedang tren di suatu tempat! Jika Anda tidak ingin ketinggalan berita apa pun, pastikan untuk mengunjungi situs ini. Google Trends adalah layanan Google yang menyediakan data dan grafik tentang popularitas halaman pencarian Google saat ini.

Google pertama kali meluncurkan layanan ini pada tahun 2006. Hingga saat ini, layanan tersebut masih terus dikembangkan. Yang unik dari Google Trends adalah alat ini tidak hanya menampilkan apa yang sedang dibahas, tetapi juga dapat digunakan untuk penelitian kata kunci.

11. Google Shopping

Ternyata Google memiliki layanan belanja online sendiri. Search+Shop for Google Shopping adalah buktinya. Apakah Anda ingin mencari produk pria seperti aksesoris makeup dengan harga dan merek yang berbeda?

Google Shopping adalah aplikasi buatan google yang mencakup informasi produk, gambar produk, harga, dan tautan toko online. Saat calon pelanggan mencari di Google Shopping, mereka menemukan banyak produk dari berbagai toko online. 

12. Panoramio

Sekarang dapat melacak dari mana foto itu berasal. Muncul tidak hanya dalam bentuk alamat, tetapi juga sebagai citra daerah. Jika Anda tertarik dengan gambar pemandangan indah, Anda dapat menelusuri sumber dengan cara ini.

Aplikasi buatan google Panoramio adalah situs berbagi foto berbasis lokasi milik Google. Foto yang diunggah ke Panoramio dapat dilihat dengan beberapa cara, seperti melalui Google Maps, Google Earth, atau lainnya secara langsung di situs web Panoramio.

Tujuan dari situs ini adalah untuk memfasilitasi pengguna Google Maps dan Google Earth untuk mempelajari tentang area tertentu pilihan mereka dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dengan menggunakan foto atau panorama yang diambil oleh pengguna lain dan diunggah ke Panoramio. 

13. Pencarian Google Voice

Google memiliki mesin pencari untuk berbagai jenis arsip; Gambar, teks, bahkan suara! Tidak mengherankan, Anda dapat menemukan informasi tentang lagu-lagu tertentu.

14. Google Images

Jika Anda ingin mencari gambar dengan informasi yang lebih lengkap, inilah tempatnya. Cukup unggah gambar dan Google akan mencari gambar serupa, resolusi berbeda, halaman yang menggunakan gambar, dll.

Google Image Search adalah layanan pencarian yang dibuat oleh Google yang diperkenalkan pada Juli 2001. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mencari konten gambar di web. Kata kunci pencarian gambar didasarkan pada nama file gambar, teks tautan yang merujuk ke gambar, dan teks yang mengikuti gambar.

15. Build with Chrome

Build with Chrome adalah aplikasi web yang memungkinkan pengguna menjelajahi dan membangun dunia kreasi LEGO digital. Kolaborasi antara Google Chrome dan LEGO Group, Build with Chrome awalnya dikembangkan oleh tim pengembangan Google Australia untuk LEGO Festival of Play.

Penutup

Berikut adalah 15 aplikasi buatan google terbaik yang dapat Anda temukan di Google Play Store. Meskipun tidak banyak, aplikasi ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari Anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Terimakasih.