Cara Dan Tips Menjaga Kesehatan Diri

Siapa yang mau sakit? sama sekali tidak Ya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mereka. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Cara Menjaga Kesehatan Diri

1. Cukup Makan Sayur

sayuran Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang membantu Anda memiliki pola makan yang seimbang dan mendukung. Sistem kekebalan tubuh .

Makan sayuran seperti brokoli, kembang kol dan kubis dapat membantu mengirim sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein permukaan sel yang dibutuhkan untuk membuat sistem kekebalan bekerja lebih baik, menurut sebuah tes pada tikus.

Dalam penelitian ini, tikus sehat yang tidak makan sayuran hijau menunjukkan penurunan 70-80 persen protein permukaan sel.

2. Menjaga Kesehatan Diri dengan Konsumsi vitamin D 

Menjaga Kesehatan Diri

Jika kekurangan bisa menyebabkan gejala pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung dan sistem kekebalan yang melemah.

Makanan yang merupakan sumber vitamin D yang baik antara lain kuning telur, jamur, salmon, tuna, dan hati sapi. Anda juga dapat membeli suplemen vitamin D dan memilih yang mengandung D3 (cholecalciferol) karena baik untuk meningkatkan jumlah vitamin D dalam darah Anda.

Namun sebelum mengonsumsi obat tambahan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

3. olahraga teratur

aktif melalui Olahraga teratur. Anda bisa memulainya dengan olahraga sederhana seperti jalan kaki. Olahraga teratur membuat Anda tetap bugar dan langsing.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi peradangan stres dan penyakit.

4. Minum teh hijau Teh hijau

dikaitkan dengan kesehatan. Manfaat kesehatan teh hijau mungkin karena tingginya tingkat antioksidan yang disebut flavonoid. Oleh karena itu, dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Oleh karena itu, karena mudah dilakukan, cara menjaga kesehatan tubuh pun sudah banyak dilakukan.

5. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup Tidur yang cukup adalah salah satu kunci sistem kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur setidaknya delapan jam setiap malam selama dua minggu memiliki kekebalan yang lebih baik terhadap virus dan bakteri. Sementara itu, orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam, 4 kali lebih mungkin terkena flu akibat virus daripada orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Ini karena sitokin yang dilepaskan tubuh saat tidur panjang. Sitokin merupakan sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan memperkuat sistem antibodi tubuh.

6. Kelola stres Anda Stres

dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat orang lebih rentan terhadap penyakit.

Kortisol membantu melawan peradangan dan penyakit. Pada orang yang mengalami stres kronis, pelepasan hormon yang konstan dapat mengurangi potensi hormon ini.

Hal ini bisa membuat tubuh iritasi dan mudah terserang penyakit. Nah, salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengelola stres. Kita bisa mencoba yoga atau meditasi untuk mengelola atau menghilangkan stres.

7. Kontak dengan orang-orang di sekitar kesepian

seringkali menjadi pemicu berbagai penyakit, terutama pada orang yang baru sembuh dari operasi jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Psychological Association menemukan bahwa isolasi sosial meningkatkan stres, yang menurunkan sistem kekebalan tubuh dan kemampuan untuk sembuh dengan cepat.

8. Menjaga Kesehatan Diri dengan Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan Cara lain untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan menjaga lingkungan. Dengan metode ini, kita terhindar dari serangan berbagai penyakit. Berikut beberapa cara menjaga kebersihan:

  • Mandi setiap hari
  • , cucilah  tangan ketika hendak makan atau menyiapkan makanan, dan setelah makan.
  • Cuci tangan Anda sebelum memakai lensa kontak atau aktivitas lain yang melibatkan mata atau mulut Anda.
  • Cuci tangan Anda selama sekitar 20 detik dan gosokkan di bawah kuku Anda.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu pakai masker  saat batuk atau bersin.

9. Cobalah probiotik 

mengonsumsi probiotik Penelitian menunjukkan bahwa orang yang merasa stres dan mengonsumsi probiotik merasa kurang sakit.

10. Hindari alkohol

Studi menunjukkan bahwa minum alkohol dapat merusak sel dendritik, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Seiring waktu, konsumsi alkohol secara teratur meningkatkan kerentanan seseorang terhadap infeksi bakteri dan virus.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Immunological Immunology membandingkan sel dendritik dan respons sistem kekebalan pada tikus yang diberi alkohol dan non-alkohol.

Alkohol menekan sistem kekebalan tikus ke berbagai tingkat. Dokter mengatakan penelitian ini membantu menjelaskan mengapa vaksin tidak efektif untuk orang yang kecanduan alkohol.

Ketika kita sakit, kebanyakan dari kita menyadari bahwa kita belum melakukan cukup banyak untuk menjaga diri kita tetap sehat. Padahal, menjaga kesehatan tubuh itu penting agar kita bisa melakukan aktivitas dengan nyaman. Apalagi saat wabah, menjaga kesehatan tubuh membutuhkan perhatian dan usaha yang lebih dari sebelumnya.

Cara menjaga kesehatan tubuh yang optimal pada dasarnya berfokus pada menyediakan apa yang dibutuhkan tubuh dan menghindari hal-hal yang mengganggu fungsinya.

Menjaga kesehatan tubuh tidak selalu harus mahal. Mau tahu apa saja yang bisa kita lakukan agar tetap sehat? Pelajari cara menjaga kesehatan tubuh di sini!

 

Tips menjaga kesehatan diri

1. Atur jadwal tidur

jadwal tidur Cara menjaga kesehatan yang paling mudah dan sering dilupakan adalah dengan menjadwalkan waktu tidur atau istirahat. Tampaknya sangat mudah bagi banyak orang untuk salah mengartikan kebutuhan tidur yang sebenarnya.

Selama ini, saran yang sering kita dengar adalah tidur minimal 8 jam sehari. Tapi apakah tidur 8 jam berarti kita bisa tidur kapan saja asalkan memenuhi angka 8 jam? Apakah begadang sampai subuh dan tidur sampai 8 jam sama dengan tidur sepanjang malam?

Tidur sepanjang malam, atau begadang lalu beralih ke tidur siang hari, mengganggu ritme sirkadian tubuh. Dampaknya pada kesehatan bisa serius. Seseorang dengan insomnia atau siklus tidur yang terganggu berada pada peningkatan risiko tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung, obesitas dan diabetes.

Untuk menjaga kesehatan, mulailah membangun jadwal tidur yang teratur. Atur waktu bangun maksimal pukul 10:00 pagi. dan biasakan bangun pagi sebelum matahari terbit. Dengan cara ini sistem tubuh kembali ke pola alaminya yang pasti sehat.

2. Kurangi gula Gula

merupakan sumber penyakit yang sering tidak terdiagnosis. Konsumsi gula yang berlebihan dapat memicu berbagai penyakit mulai dari obesitas, diabetes, fungsi ginjal, hati hingga kesehatan mental. Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan untuk membatasi konsumsi gula maksimal 50 gram per hari, atau setara dengan 4 sendok makan. American Heart Association membatasi maksimal 9 sendok teh atau 150 kalori untuk pria dan 6 sendok teh atau 100 kalori untuk wanita per hari.

Soalnya gula itu punya seribu wajah, bukan gula pasir yang sering dipakai untuk pemanis makanan. Gula juga ditemukan dalam buah-buahan dan makanan olahan seperti sup kalengan, sirup jagung, nasi putih, madu, dan malt. Selain itu, fruktosa, laktosa, glukosa, maltosa, sukrosa dan dekstrosa semuanya mengandung gula.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang, kita perlu mengubah pola makan kita dengan mengurangi asupan gula. Salah satu cara sederhana adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran, mengurangi konsumsi tepung dan secara bertahap mengurangi gula dalam makanan atau minuman biasa.

3. Jalan kaki

Untuk membuat kesehatan lebih aktif, tubuh perlu berolahraga secara teratur. Anda tidak perlu khawatir tentang olahraga apa yang harus dicari. Kita bisa berolahraga dengan jalan kaki rutin minimal 15-30 menit sehari. Mudah dan murah!

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, 30 menit berjalan kaki 6 kilometer per jam dapat

mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4. Manajemen stres

Jika kita terlalu sering stres, kesehatan kita bisa terganggu. Saat kita stres, tubuh kita melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang menyebabkan detak jantung meningkat, pembuluh darah di lengan dan kaki melebar, kadar glukosa darah naik, dan pernapasan meningkat. Bagi penderita asma, perubahan pernapasan yang cepat dapat menyebabkan serangan. Stres kronis juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

penyebab stres ini, pemicunya kita sering bisa waktu kita habiskan di media sosial, mengecek media sosial, mulai bermeditasi atau berolahraga hingga

5. hormon anti stres

Pikiran yang tenang menghilangkan stres dan kita bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana menjalani hari, termasuk memilih makanan sehat dan aktivitas produktif.

Nah, salah satu hal yang membantu ketenangan pikiran seseorang adalah mengendalikan keuangannya. Kita dapat mengurangi risiko keuangan dengan memperoleh perlindungan asuransi yang memadai sesuai kebutuhan.dengan asuransi kesehatan, kita tidak perlu khawatir dengan biaya jika sewaktu-waktu membutuhkan perawatan medis. Asuransi menanggung biaya, tetapi kami hanya fokus pada premi yang nilainya pasti.

Ini adalah cara mudah Menjaga Kesehatan Diri dengan murah dan aman. Jadi jangan abaikan kesehatan tubuh kita agar hidup lebih nyaman.