Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari

Lemon merupakan buah yang memiliki sejumlah manfaat mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Manfaat jus lemon untuk tubuh berasal dari kandungan asam sitrat, vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan bahan lainnya. Adanya kandungan nutrisi ini membuat lemon memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Dilansir dari Medicall News Today , satu perasan lemon memberikan sekitar 21 persen nilai gizi harian seseorang.

Apa saja Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari ? Yuk simak ulasannya.

1. Menghidrasi tubuh

Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari adalah dapat menghidrasi tubuh. Beberapa temuan penelitian menyebutkan bahwa orang membutuhkan nutrisi dari gula, kalori dan vitamin lain dari makanan dan minuman. Menurut Food and Nutrition Board on Healthline , wanita memiliki minimal 91 ons per hari dan pria 125 ons per hari. 

Air adalah minuman terbaik untuk menghidrasi tubuh, tetapi beberapa orang tidak menyukai rasa alami dari air. Menambahkan sedikit lemon ke minuman Anda dapat membantu meningkatkan rasanya sehingga Anda minum lebih banyak.

2. Sumber vitamin C yang baik

Lemon memanglah kaya akan vitamin C, antioksidan penting yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga bisa mengurangi risiko gejala penyakit jantung, stroke, dan menurunkan tekanan darah. Menurut United States Department of Agriculture on Healthline, kandungan satu gelas limun memiliki sekitar 18,6 miligram vitamin C. Asupan harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah sekitar 65 hingga 90 miligram.

3. Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya, yaitu menurunkan berat badan. Satu studi menemukan bahwa kandungan polifenol dalam lemon dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Nah, jika Anda sedang menjalani program diet dan ingin mencoba air lemon, coba tambahkan air lemon hangat ke dalam menu diet Anda. 

4. Mengurangi kerutan pada kulit

Minum air lemon hangat di pagi hari itu baik untuk kesehatan kulit. Dikatakan mampu mempertahankan kelembapan pada kulit, membuatnya awet muda dan mengurangi kerutan atau lipatan pada kulit. Manfaat ini karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam lemon.

5. Membantu sistem pencernaan tubuh

Tahukah Anda bahwa jus lemon juga berfungsi sebagai pencahar dan membantu mencegah sembelit? Minum air lemon hangat saat bangun tidur di pagi hari bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan kalian. Air lemon detoks juga dikenal dapat membantu mencegah penumpukan racun di dalam tubuh.

6. Nafas segar

Lemon juga bisa mengatasi bau tak sedap, meski mulut memiliki bau tak sedap akibat makanan berbau menyengat, seperti bawang putih, bawang bombay atau ikan. Hal ini karena lemon merangsang produksi air liur dan juga membantu mencegah mulut kering yang menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

7. Meningkatkan Daya Tahan

selanjutnya dari minum air lemon hangat di pagi hari adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena lemon kaya akan antioksidan, khususnya vitamin C dan bioflavonoid yang dapat mencegah radikal bebas.

Manfaat terakhir dari air lemon adalah untuk membantu kesehatan ginjal. Tidak hanya kaya akan vitamin C, jus lemon juga mengandung asam sitrat yang dikatakan dapat mencegah batu ginjal. Minum air lemon secara teratur juga dapat mencegah dehidrasi, yang merupakan penyebab umum batu ginjal.

Inilah manfaat air lemon yang bisa Anda rasakan jika rutin meminumnya. Dengan berbagai manfaat, jangan ragu untuk minum air lemon untuk menjaga kesehatan Anda!