5 Aplikasi Recording Audio PC Terbaik dan Populer

Selain merekam audio menggunakan ponsel, ternyata laptop juga bisa digunakan untuk merekam audio lho. Kualitas yang dihasilkan pun tak kalah jauh dengan merekam dengan ponsel. Namun untuk bisa melakukannya, ternyata didukung dengan berbagai Aplikasi Recording Audio PC yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Jangan khawatir, karena di zaman yang serba canggih ini banyak sekali program yang bisa digunakan untuk merekam audio menggunakan PC. Apakah Anda ingin tahu sesuatu? Yuk, cek 5 Aplikasi Recording Audio PC yang paling sering digunakan!

Aplikasi Recording Audio PC

Berikut adalah daftar Aplikasi Recording Audio PC

1. Audacity

Aplikasi perekam suara yang terkenal adalah Audacity. Tidak hanya digunakan untuk merekam audio, aplikasi ini juga digunakan untuk mengedit rekaman audio. Pengguna dapat melakukan klarifikasi suara, membesarkan volume untuk menghilangkan noise yang terjadi selama perekaman.

Audacity merupakan aplikasi perekaman audio PC yang cukup lengkap, sehingga pengguna tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk mengedit rekaman. Audacity dapat digunakan di Windows, MAC OS dan Linux. Kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak cocok untuk pemula karena membutuhkan waktu untuk mempelajari aplikasi ini.

2. Free Audio Recorder

Perekam audio PC gratis lainnya adalah Perekam Audio Gratis. Aplikasi Recording Audio PC ini dapat digunakan untuk merekam semua audio dari berbagai sumber audio, mulai dari radio, kaset bahkan CD player. Suara yang dihasilkan juga tidak kalah jernih dan dapat disimpan dalam format FLAC dan AAC. Aplikasi ini juga mendukung sound card modern, seperti Multi-Channel, Professional dan lain-lain. Kelemahannya adalah banyak fitur yang hilang dalam pengeditan audio.

3. GarageBand

GarageBand telah dirancang khusus dengan antarmuka sederhana untuk memudahkan pengguna merekam suara. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk menghasilkan podcast dan video YouTube. Fungsi efek yang tersedia di sini juga banyak, antara lain efek suara piano, chord, gitar, dan lainnya.

Aplikasi ini cocok untuk pemula karena tampilannya sangat mudah dipelajari. Aplikasi yang dikembangkan oleh Apple ini juga memiliki kelemahan yaitu pengguna harus terlebih dahulu menyisipkan review audio pada track yang digunakan. Selain itu, aplikasi ini hanya dapat digunakan pada sistem Mac OS.

4. Windows Voice Recorder

Tidak hanya digunakan untuk merekam audio, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengedit, memotong, menyorot, dan membagikan rekaman ke teman lain. Ketika pengguna merekam audio, aplikasi ini dapat menyimpannya secara otomatis tanpa harus mengklik Simpan. Ukuran aplikasi ini juga sangat kecil, hanya sekitar 12MB pengguna yang dapat mengunduhnya. Selain di PC, aplikasi ini juga bisa diunduh di tab dan Windows Phone. Kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak ada update, sehingga aplikasi terlihat monoton.

5. WavePad Audio Editor

Aplikasi yang dikembangkan oleh NCH Software ini dapat digunakan untuk merekam dan mengedit audio atau musik. Efek perekaman yang tersedia di sini juga ada beberapa, dari efek samar hingga gema. Aplikasi ini sering digunakan untuk kebutuhan universitas luar negeri. Hal ini dapat dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa aplikasi ini banyak diunduh oleh universitas-universitas ternama.

Tidak hanya untuk Windows, tentunya aplikasi ini juga didukung oleh sistem Mac OS. Analisis spektral, pemrosesan batch, dan pemulihan suara adalah tiga fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Ada 5 Aplikasi Recording Audio PC yang bisa digunakan untuk segala keperluan mulai dari membuat podcast, YouTube hingga membuat video edukasi. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki keunggulan masing-masing sehingga pengguna bisa menyesuaikannya dengan kebutuhannya, ya.